05 Mar 2024

Disbun Sulbar Terima Kunjungan Penggiat Petani Aren

 

Mamuju--Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Disbun Sulbar) menerima kunjungan Penggiat Petani Aren Rusni, Senin, 4 Maret 2024. Kunjungan ini diterima Sekretaris Disbun Sulbar Andi Sitti Kamalia di Ruang Kerja Kepala Disbun Sulbar. 

 

Aren (Arenga Pinnata Merr) merupakan jenis tanaman palma yang serbaguna. Tanaman aren memiliki potensi menjadi komoditas perkebunan berkelanjutan, yang bisa menjadi sumber pendapatan alternatif dan pengembangannya bisa menjadi sumber energi terbarukan lewat proses ekstraksi nira. Kapasitas produksi yang dihasilkan sekitar 10-20 liter air nira per-hari dalam satu pohon.

 

Sebagai Penggiat Petani Aren, Rusni menilai saat ini petani aren masih menggunakan cara tradisional dalam menanam hingga memproduksi hasil tanaman. 

 

"Diharapkan ke depan, dengan adanya bimbingan teknis yang dilakukan pihak terkait secara massal, yakni bidang perkebunan. para petani tidak lagi menanam aren tanpa pengetahuan, akan tetapi ada bimbingan teknis dilakukan dan akan diterapkan secara profesional," ucap Rusni

 

Sekretaris Disbun Sulbar, Andi Sitti Kamalia merespon proposal yang ditawarkan dari penggiat petani aren. Ia mengatakan, terlebih dahulu perlu melakukan pembinaan petani, penataan kelembagaan dan kolaboratif dalam pengelolaan dari hulu ke hilir untuk meningkatkan kesejahteraan petani aren.  

 

Pengembangan tanaman aren di wilayah Sulbar diharapkan dapat berhasil dan sukses dalam meningkatkan produksi aren serta dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Sulbar baik dari aspek sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya. (rls)

Read 193 times
(0 votes)