05 Mar 2024

Kepala Bapperida Sulbar Tekankan Check, Richek dan Croschek Program Sudah Terencana

 

Mamuju--Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan rapat staf, Selasa 5 Maret 2024. Rapat dipimpin Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana.

 

Pertemuan yang digelar di Ruang Rapat RPJMD Bapperida Sulbar ini dihadiri seluruh Staf Bapperida Sulbar. Salah satu tema pembahasan rapat adalah lebih menekankan arahan Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh terkait kinerja ASN dalam menjalankan peran dan fungsi masing-masing.

 

Dalam arahannya, Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana menjelaskan tentang Plan, Do, Check. Plan diartikan bagaimana merencanakan sebaik mungkin usulan atau program yang akan dilaksanakan. 

 

"Usulan program yang direncanakan selain berbasis data juga harus memiliki manfaat yang besar kedepannya," tandasnya. 

 

“Semua program yang diusulkan by evidance, by data, misalnya merencanakan pembangunan gedung sekolah kita harus tahu data kapasitas kelas, apakah ratio jumlah murid dan jumlah kelas sudah memadai di dalam 1 (satu) kelas, dan tentunya pembangunan sekolah bermanfaat bagi masyarakat luas," sambungnya.

 

Dalam menyusun perencanaan, Kepala Bapperida Sulbar menitikberatkan bahwa sebagai seorang ASN yang bertugas di Bapperida sebaiknya paham dan tahu konsep dasar perencanaan.

 

Kemudian, lanjut Junda menjelaskan, do artinya dilaksanakan dan chek adalah evaluasi. Periksa, kroscek apakah yang direncanakan sudah sesuai dengan yang dilaksanakan. 

 

"Semua poin penting arahan Pj. Gubernur Sulbar sudah ada dalam Bapperida yang diharapkan menjadi salah satu contoh terdepan dalam organisasi Pemprov Sulbar," ucapnya.

 

Untuk itu, Junda menegaskan untuk melakukan check, richek dan croschek terhadap program yang sudah direncanakan.

 

“Jadi program yang sudah terencana dievaluasi, check datanya, jika kurang yakin atau butuh info tambahan lakukan richeck dengan OPD. Lalu jika diperlukan, lakukan pendalaman croscheck lakukan monev lapangan,” tegasnya. (rls)

Read 399 times
(1 Vote)