05 Mar 2024

Dinas TPHP Sulbar Ikut Sukseskan Gertam Cabai TP-PKK

 

Mamuju - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) ikut mensukseskan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai yang dicanangkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat, dengan memfasilitasi ribuan bibit cabai. 

 

Bersama TP-PKK Sulbar, Dinas TPHP Sulbar melakukan Gertam Cabai di Green Park Marasa Corner, Senin 4 Maret 2024. Gertam Cabai ini dilakukan dalam rangka menjaga ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi.

 

Dalam kegiatan ini, hadir Kepala Dinas TPHP Sulbar Syamsul Ma’rif, Ketua Bidang III TP-PKK Sulbar Ny. Asiarni Natsir, serta Pengurus TP-PKK Sulbar. Bidang III TP-PKK ini mengelola program pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga yang bertugas untuk mengupayakan ketahanan keluarga di bidang pangan. 

 

Kegiatan ini juga diikuti TP-PKK kabupaten se-Sulbar, yang didukung juga masing-masing dinas yang membidangi pertanian di seluruh kabupaten di Sulbar.

 

Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif mengatakan, melalui kegiatan itu diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan, mengendalikan inflasi, serta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga besar TP-PKK Sulbar dan masyarakat menjelang Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah. 

 

“Sebelum dilakukan penanaman cabai, kita bersama-sama menyaksikan pembukaan acara oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo secara zoom. Setelah itu kita melangsungkan gerakan menanam cabai, dimana TP-PKK Sulbar menanam sebanyak 200 pohon bibit cabai, dan 1000 pohon bibit untuk masing-masing kabupaten di enam kabupaten se- Sulbar," ungkap Syamsul Ma’rif. 

 

Ia pun mengatakan, penanaman cabai ini dilakukan bukan tanpa alasan. Karena kebutuhan cabai mendekati Ramadhan hingga Lebaran semakin meningkat. Sehingga ini juga dapat menekan inflasi cabai dengan menanam sendiri. 

 

Gertam Cabai TP-PKK Serentak di seluruh Indonesia menandai Peringatan HKG ke-52 Tahun 2024. (rls)

Read 195 times
(0 votes)