01 Mar 2024

Kepala Bapperida Sulbar : Peta Dasar Skala Besar Sangat Diperlukan dalam Perencanaan

 

MAKASSAR--Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menghadiri Sosialisasi Pelaksanaan Penyediaan Peta Dasar Skala Besar Wilayah Sulawesi Tahun 2024 di The Rinra Hotel Makassar, Selasa (27/2/2024). 

 

Dalam kegiatan itu, Bapperida Sulbar diwakili Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan (Ifwil) Arjanto, yang hadir didampingi Perencana Ahli Pertama, I Ketut Wibawa Bagianadi. 

 

Kegiatan itu dilaksanakan Badan Informasi Geospasial (BIG) dalam rangka percepatan penyediaan peta dasar skala besar 1:5000 di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Pulau Sulawesi pada tahun 2024.

 

“Menurut BIG, pertimbangan pemetaan dasar skala besar 1:5000 di Sulawesi guna mendukung kebutuhan masterplan 40 kota sesuai arahan Presiden melalui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Peta dasar skala besar tersebut akan berguna untuk menyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), ” ungkap Arjanto usai mengikuti kegiatan.

 

Ditemui pada kesempatan yang berbeda, Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana mengatakan, peta sangat diperlukan dalam perencanaan.

 

“Adanya peta dasar dengan skala besar, yaitu satu banding lima ribu (1:5000) sangat kita butuhkan dalam perencanaan. Harapannya peta dasar tersebut nantinya dapat kita manfaatkan dalam menentukan kebijakan yang mencakup berbagai sektor di Sulbar,” kata Junda, Jumat (1/3/2024). (rls)

Read 238 times
(0 votes)