01 Mar 2024

Penilaian ITKP 2023, Pemprov Sulbar Raih Predikat Baik

 

MAMUJU--Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) meraih predikat baik dalam Penilaian Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) Tahun 2023. Hasil penilaian yang dirilis oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menunjukkan bahwa Pemprov Sulbar berhasil mencatatkan total nilai pembobotan sebesar 89,91. Di sisi lain, Pemprov Sulbar masih perlu meningkatkan pencapaian pada proses pemanfaatan E-Purchasing dan Toko Daring.

 

 

Kepala Bagian Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Biro PBJ Setda Sulbar, M. Yamin Saleh menyatakan optimis dalam meningkatkan nilai ITKP di masa mendatang.

 

 

"Dengan upaya yang telah dilakukan dan dukungan pimpinan seperti keluarnya Surat Edaran Gubernur Sulawesi Barat Nomor 34 Tahun 2023 terkait pemanfaatan katalog elektronik, katalog elektronik lokal serta kerja sama dari perangkat daerah, Insya Allah tahun 2024 kita bisa meningkatkan pemanfaatan E-Purchasing dan Toko Daring dalam proses pengadaan," kata M. Yamin Saleh, Jumat 1 Maret 2024.

 

"Harapan kita, tahun 2024 kita bisa mencapai nilai yang lebih tinggi dengan pelayanan yang semakin baik," sambungnya.

 

Dia menjelaskan, pencapaian itu juga didukung oleh data transaksi E-Katalog hingga bulan Februari 2024, yang telah mencapai angka sebesar Rp. 15 Miliar. 

 

 

"Harapannya, belanja E-Purchasing bisa semakin meningkat sesuai yang tertuang dalam Rencana Umum Pengadaan (RUP). Hal ini menunjukkan perkembangan positif dalam pemanfaatan teknologi dalam proses pengadaan barang dan jasa di Sulbar," ucapnya.

 

 

Predikat baik yang diraih Pemprov Sulbar menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa di tingkat daerah. Selain itu diharapkan hal yang sama juga dapat diwujudkan di semua UKPBJ kabupaten se-Sulbar melalui koordinasi dan pendampingan yang efektif. (rls)

Read 242 times
(1 Vote)