27 Feb 2024

Dinas Perkim Sulbar Identifikasi 37 Lokasi Penyediaan PSU di Polman

 

MAMUJU--Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Barat (Perkim Sulbar) kembali melaksanakan Identifikasi Penyediaan Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) untuk wilayah Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Permukiman (Kabid Permukiman) Reski Ridwan saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 23 Februari 2024.

 

“Saya dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) PSU wilayah Polman Bapak Muhammad Yusuf beserta dengan tim telah melakukan identifikasi PSU wilayah Polman di hari Senin 19 Februari 2024, yang kami awali dengan melakukan koordinasi ke Pemerintah Kabupaten Polman melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan,” kata Reski menjelaskan.

 

Disampaikan, untuk wilayah Polman ada 37 lokasi yang telah diidentifikasi untuk perencanaan pembangunan PSU yang terdiri dari rabat beton, drainase, penyediaan air bersih dan khusus untuk tahun 2024 akan dilakukan rencana pembangunan pagar pekuburan.

 

Ditemui di tempat berbeda, PPTK Penyediaan PSU Wilayah Polman, Muhammad Yusuf menyampaikan desa yang telah dilakukan identifikasi beserta dengan kondisi yang dijumpai di lapangan.

 

“Untuk pembangunan rabat beton ada Desa Petoosang, Luyo, Tutar, Katumbangan, Pussui, Barumbung, Basseang, Sumberejo, Jambu Malea, Ujung Baru, Buku dan Sidorejo yang kondisinya saat ini masih berupa jalan tanah serta ada juga yang sudah tidak layak karena jalannya sudah rusak dan berlubang,” ujar Yusuf.

 

Sedangkan, untuk pembangunan drainase ada di Desa Lembang, Kalummang, Laliko, Kandeapi, Alu, Basseang, Sumarrang, Manding, Wonomulyo, Sidodadi, Palatta, Bumiayu, Banato dan Bumimulyo, dan juga tak kalah penting penyediaan air bersih di Desa Boroangin dan Rea, yang menurut Yusuf saat diindetifikasi masyarakat di lingkungan desa tersebut tidak memiliki distribusi air bersih yang tercukupi.

 

Selain rabat beton, drainase dan penyediaan air bersih untuk tahun 2024 ada tambahan perencanaan pembangunan PSU yang akan dilakukan oleh Dinas Perkim Sulbar yaitu pembangunan sarana pagar pekuburan.

 

Ditemui di ruang kerjanya untuk mengkonfirmasi hal tersebut, Kepala Dinas Perkim Sulbar, Syaharuddin mengatakan, ada dua desa yang rencana akan dilakukan pembangunan sarana pagar pekuburan yaitu Desa Banua dan Desa Ugi.

 

“Untuk tahun ini kami berencana untuk melakukan pembangunan sarana pagar pekuburan di Desa Banua dan Desa Ugi, yang hasil identifikasinya telah dilaporkan oleh Kabid Permukiman Reski Ridwan beserta tim bahwa di dua desa ini memiliki area pekuburan yang tidak tertata dengan baik, kuburan yang ada terlihat menyatu dengan jalan umum, jadi alangka eloknya jika pekuburan tersebut dibuatkan pagar yang akan membatasi jalan sehingga lebih kelihatan rapi," kata Syaharuddin.

 

Dia menambahkan, setelah proses identifikasi dilakukan segera akan diteruskan untuk proses perencanaan. (rls)

Read 312 times
(0 votes)