27 Feb 2024

Tim Teknis Dinas Perkebunan Sulbar Kunjungi Dinas Perkebunan Mamuju, Koordinasikan Tiga Hal

 

MAMUJU--Tim Teknis Dinas Perkebunan Sulawesi Barat (Sulbar) Agustina Palimbong beserta Staf melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Perkebunan Mamuju, Senin 26 Februari 2024. 

 

Kunjungan ini bertujuan melakukan koordinasi terkait tiga hal, yakni percepatan usulan pembentukan Tim Teknis STDB Kakao 2024, persiapan data CPCL dan percepatan pelaksanaan penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan. Kunjungan ini diterima langsung Kepala Dinas Perkebunan Mamuju Priyattisto. 

 

Dalam kunjungannya, Tim Teknis Dinas Perkebunan Sulbar berharap dengan terbentuknya tim teknis kabupaten, proses pembentukan dan perencanaan serta monitoring kegiatan perkebunan semakin efektif dan juga agar ketersediaan Data CPCL serta penyelesaian penyusunan Perbup Rencana Aksi Daerah dapat segera dilaksanakan. 

 

Bagi pekebun sendiri, STDB akan sangat membentu mendapatkan berbagai fasilitas pembinaan dari pemerintah, seperti program penyaluran bibit, peremajaan, pemasaran dan lain sebagainya. STDB ini berlaku selama usaha budidaya tanaman perkebunan masih dilaksanakan dan tidak ada perubahan dalam spesifikasi usaha yang dilaksanakan. 

 

Kepala Dinas Perkebunan Mamuju Priyattisto sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan itu. Ia menyatakan siap berkolaborasi untuk melaksanakan percepatan usulan pembentukan Tim Teknis STDB Kakao 2024, persiapan data CPCL dan percepatan pelaksanaan penyusunan Perbup Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan khususnya di Mamuju.

 

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perkebunan Sulbar Herdin Ismail menyatakan optimis kegiatan STDB Kakao 2024, persiapan data CPCL dan percepatan pelaksanaan penyusunan Perbup Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan di Mamuju yang pendanaannya dari DBH sawit dapat terlaksana dengan maksimal.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kepala Dinas Perkebunan Sulbar berharap, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dapat mewujudkan kolaborasi dan sinergi dengan semua pemangku kepentingan terkait, dalam upaya pengembangan sawit yang sustainable di Sulbar. 

 

Sementara, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Sulbar, Hermanto mengatakan, percepatan usulan pembentukan Tim Teknis STDB Kakao 2024, persiapan data CPCL dan percepatan pelaksanaan penyusunan Perbup Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan, diharapkan dapat membantu upaya pengembangan kelapa sawit berkelanjutan di Sulbar.

 

"Tentunya ini dapat memberi dampak positif bagi masyarakat, khususnya petani sawit yang ada di Mamuju," ujarnya. (rls)

Read 255 times
(0 votes)