16 Feb 2024

DP3AP2KB Sulbar Promosi dan Konseling Kesehatan Reproduksi di Puskesmas Wonomulyo

 

POLMAN--Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melakukan Promosi Kesehatan dan Konseling Kesehatan Reproduksi di Puskesmas Wonomulyo, Jum’at, 16 Februari 2024.

 

Kegiatan ini dihadiri Jf. Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ahli Muda DP3AP2KB Sulbar Muhammad Ja'far beserta staf. Turut hadir Koordinator Penyuluh KB Kec. Wonomulyo, Kepala Puskesmas Wonomulyo Suaib Usman, serta yang mewakili Kepala Dinkes Polman Rosdiana, sebagai Narasumber. 

 

Dalam kegiatan tersebut telah hadir juga sebagai Narasumber Dokter Spesialis Kandungan dr. Willy Khaleb Tobing. Dia melakukan konseling terkait kesehatan reproduksi dengan kelengkapan USG. Dengan berjalannya pemeriksaan, dari 24 Sasaran Ibu Hamil, 1 (satu) orang dianjurkan untuk dioperasi dikarenakan tafsiran kehamilan sudah lewat. 

 

Beberapa Pasutri ikut serta dalam acara tersebut agar mereka juga memahami tentang pentingnya mengenal program berencana dan paham akan tujuan alat kontrasepsi. Mereka mengatakan siap ikut program pemerintah dengan Cukup 2 Anak. 

 

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Puskesmas Wonomulyo Suaib Usman. Dalam sambutannya, Ia mengatakan, kegiatan itu perlu berlanjut terus, apalagi mengingat KB Pasca Saling masih sangat rendah dan stunting juga masih sangat tinggi.

 

Sementara, Jf. Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ahli Muda DP3AP2KB Sulbar, Muhammad Ja'far juga mengatakan, pencapaian mCPR bagi PUS 05-19 Tahun masih sangat rendah dikarenakan kurangnya edukasi bagi Pasutri. 

 

"Namun Insya Allah melalui program ini kita bisa meningkatkan Capain mCPR kita di tahun 2024," ucapnya. (rls)

Read 186 times
(0 votes)