16 Feb 2024

Penilaian Tahap II PPD 2024, Bapperida Sulbar Adakan Verifikasi dan Wawancara Terhadap Tiga Pemda Terpilih sebagai Kabupaten Nominasi

 

MAKASSAR--Dalam Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024, Bapperida Sulawesi Barat (Sulbar) mengadakan sesi verifikasi dan wawancara terhadap 3 (tiga) pemerintah kabupaten terpilih sebagai Kabupaten Nominasi, yaitu Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Polewali Mandar.

 

Diketahui, sebelumnya Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana, telah menyampaikan hal ini secara tertulis melalui Surat Hasil Penilaian Tahap I dan Pelaksanaan Tahap II PPD Tahun 2024 Tingkat Sulbar, pada 12 Februari 2024 lalu.

 

Tahap penilaian ini dilaksanakan usai pembukaan Forum Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah dan Penilaian Tahap II PPD Tingkat Kabupaten Se-Sulbar Tahun 2024 oleh Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris pada Kamis (15/2/2024) di Ballroom Hotel Novotel Makassar.

 

Verifikasi dan Wawancara dilakukan Tim Penilai Utama (TPU) yang diketuai Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana dengan beranggotakan para Kepala Bidang Bapperida Sulbar. Selain itu, juga dihadiri para akademisi yang bertindak sebagai Tim Penilai Indipenden (TPI), yaitu Prof. Darmawan Salman, Prof. Nursini dan Madris.

 

Menurut Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, kegiatan PPD dapat menjadi inovasi yang patut digiatkan secara konsisten sebagai bentuk upaya memajukan perencanaan daerah dan menjadi dasar untuk penilaian keberhasilan pembangunan daerah.

 

“Cara-cara penilaian bahkan lebih bagaimana kita membangun evidence baru untuk mengatakan kabupaten A layak untuk kita nilai memiliki prestasi memajukan perencanaan daerah,” katanya.

 

Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana mengatakan, masing – masing pemerintah daerah tersebut diwakili Kepala Bappeda untuk memaparkan 4 (empat) aspek, terdiri dari pencapaian pembangunan, kualitas dokumen RKPD, proses penyusunan dokumen RKPD dan inovasi. (rls)

Read 246 times
(0 votes)