30 Jan 2024

Perkuat Kolaborasi, Kepala Biro Ekbang Kunjungi Kantor BPS Sulbar

 

MAMUJU--Dalam rangka upaya peningkatan kualitas data perekonomian Sulawesi Barat (Sulbar), Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan (Ekbang) Setda Sulbar Hamdani Hamdi, melakukan kunjungan ke Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, Senin 29 Januari 2024.

 

Kunjungan itu merupakan langkah strategis untuk memperkuat sinergi antara Biro Ekbang dengan BPS Sulbar, dalam menganalisis dan menyajikan data ekonomi yang akurat dan dapat diandalkan.

 

Dalam kunjungan itu, Kepala Biro Ekbang Setda Sulbar melakukan pertemuan dengan Kepala BPS Sulbar Tina Wahyufitri dan timnya untuk membahas terkait pengendalian inflasi di Sulbar. 

 

Kepala Biro Ekbang Setda Sulbar Hamdani Hamdi berharap dukungan BPS Sulbar yang selama ini telah berjalan baik sehingga memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas perekonomian di Sulbar bisa terus terjaga, agar mampu terus secara berkesinambungan mendorong peningkatan perekonomian di provinsi ini.

 

"Juga turut meningkatkan kemajuan daerah Sulbar serta makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Hamdani.

 

Dalam pertemuan itu, Kepala BPS Sulbar Tina Wahyufitri berkomitmen akan tetap mendukung pemerintah provinsi menyediakan data yang diperlukan, dalam penentuan kebijakan pengendalian inflasi sebagaimana arahan Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh. 

 

Dia juga mengingatkan agar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulbar untuk terus mengoptimalkan program Fasilitasi Distribusi Pangan khususnya untuk Kabupaten Majene sebagai salah satu daerah IHK, sebagaimana rilis Indeks Perkembangan Harga Minggu ke IV oleh Mendagri pada rapat zoom pengendalian inflasi 29 Januari 2024. 

 

"Kabupaten Majene sebagai salah daerah dengan tingkat IPH tertinggi dengan komoditas yang mengalami kenaikan harga seperti beras, daging ayam ras dan bawang merah. Hal tersebut mungkin disebabkan karena pedagang yang diintervensi merupakan pedagang dengan tingkat penjualan yang rendah dan volume intervensi juga rendah," kata Tina.

 

Kepala BPS Sulbar menyambut baik kunjungan tersebut, dan sebagai langkah konkret Biro Ekbang Setda Sulbar dan BPS Sulbar sepakat untuk bekerjasama dan menjadikan BPS sebagai Tim Pembina Sektoral dalam upaya pengendalian inflasi yang akan dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur untuk lebih mengoptimalkan peran BPS provinsi sebagai mitra dari pemerintah. (rls)

Read 256 times
(0 votes)