26 Jan 2024

Kepala Dinas ESDM Sulbar Dorong Percepatan Program Listrik Gratis bagi Masyarakat Miskin

 

MAMUJU--Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulawesi Barat (Sulbar) Mohammad Ali Chandra, melakukan kunjungan ke setiap bidang yang ada di Dinas ESDM Sulbar, Rabu 24 Januari 2024. Kunjungannya bertujuan memantau suasana kerja serta kehadiran para pegawai.

 

Dinas ESDM Sulbar terdiri dari empat bidang utama, yaitu Ketenagalistrikan, Energi, Mineral dan Batubara, serta Geologi, ditambah dengan Sekretariat. 

 

Pada kunjungannya ke Bidang Ketenagalistrikan, Ali Chandra melaksanakan FGD dengan sejumlah ASN di sana. Dia menyoroti beberapa program kegiatan tahun 2024 yang perlu segera dijalankan dan mengingatkan untuk melaporkan pelaksanaannya secara berkala.

 

"Soal anggaran, mohon hati-hati dalam pengelolaannya dan laksanakan sesuai prosedur yang berlaku, jangan ditabrak," ujarnya dengan tegas.

 

Ali Chandra juga menekankan pentingnya verifikasi yang ketat di lapangan terkait program listrik gratis bagi masyarakat miskin. Dia juga meminta, dalam pengembangan jaringan listrik desa senantiasa berkoordinasi dengan PT. PLN sebagai mitra strategis Dinas ESDM Sulbar.

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Ketenagalistrikan, Qomaruddin Kamil (Rury) menyatakan, akan segera menyusun tim bidang untuk melakukan survei awal terhadap masyarakat yang layak menerima program listrik gratis.

 

"Survei awal merupakan penentu dalam pelaksanaan kegiatan listrik gratis untuk masyarakat miskin. Diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan di awal tahun untuk menghindari kendala seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkap Rury.

 

Ali Chandra menutup pertemuan dengan menjelaskan bahwa program listrik memiliki dampak langsung terhadap kebutuhan dasar masyarakat, khususnya dalam menyediakan listrik yang handal hingga ke pelosok desa. Langkah ini sejalan dengan program Pj. Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem di wilayah Sulbar.

 

Kegiatan monitoring dan evaluasi seperti ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas program-program yang dilaksanakan oleh Dinas ESDM Sulbar, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat secara keseluruhan. (rls)

Read 252 times
(1 Vote)