26 Jan 2024

Wujudkan Sulbar Bebas Penyakit Hewan Menular, Berikut Langkah Strategis Dinas TPHP

 

MAMUJU--Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Syamsul Ma’rif melaksanakan Rapat Internal Perdana dengan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Dinas TPHP Sulbar, Jumat, 26 Januari 2024.

 

Pertemuan tersebut dihadiri Sekertaris Dinas, Kasubag TU, Kepala Bidang, Kepala Seksi , Pejabat Fungsional Medik Veteriner (Dokter Hewan), Pejabat Fungsional Pengawas Mutu Pakan (Wastukan), serta Pejabat Fungsional Pengawas Bibit Ternak (Wasbitnak). 

 

Kepala Dinas TPHP Sulbar, Syamsul Ma’rif mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan membahas tugas dan fungsi Pejabat Fungsional Medik Veteriner, Wastukan dan Wasbitnak pada Bidang PKH, dalam rangka menjadikan Sulbar sebagai daerah bebas dari penyakit hewan menular, seperti jembrana, penyakit mulut dan kuku, rabies dan penyakit lainnnya serta dalam rangka peningkatan produktivitas ternak di daerah ini.

 

Hasil pertemuan internal tersebut adalah ditetapkannya beberapa langkah strategis untuk pencapaian tujuan, meliputi:

 

a. Pembagian tugas dan fungsi para dokter hewan kesemua wilayah kabupaten yang ada di Sulbar

b. Adanya perencanaan operasional klinik hewan di Dinas TPHP yang melakukan fungsi pelayanan 24 jam.

c. Segera mengaktifkan pengawasan lalu lintas ternak, terutama diperbatasan wilayah Sulbar – Sulsel dan Sulbar – Sulteng untuk mengantisipasi penyebaran penyakit hewan menular ke Sulbar. (rls)

Read 269 times
(0 votes)