25 Des 2023

Dukung Pengembangan IB, DTPHP Sulbar Distribusi Semen Beku dan N2 Cair Ke Enam Kabupaten

 

Mamuju--Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Sulawesi Barat (Sulbar) dalam hal ini Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan Pendistribusian Nitrogen Cair dan Semen Beku keseluruh kabupaten yang ada di Sulbar, Jumat 22 Desember 2023.

 

Kegiatan itu dalam rangka meningkatkan populasi ternak sekaligus memperbaiki kualitas genetic ternak keturunan yang dihasilkan melalui kegiatan Sikomandan. 

 

Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) adalah salah satu program unggulan Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk menambah populasi sapi dan kerbau secara nasional melalui kegiatan Inseminasi Buatan (IB).

 

Kepala DTPHP Sulbar Muhtar mengatakan, kegiatan Sikomandan tahun anggaran 2022 berhasil mencapai angka kelahiran sapi/kerbau sebanyak 4.614 ekor (105%) yang melampaui target dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. 

 

Disampaikan, tahun anggaran 2023 Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulbar ditargetkan kelahiran sapi/kerbau sebanyak 4.725 ekor, dimana per tanggal 22 Desember telah dilakukan Inseminasi Buatan (IB) sebanyak 6.904 dosis dan berhasil mencapai angka kelahiran sebanyak 5.009 ekor atau sebanyak 106% dari target yang diberikan oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. 

 

"Dari enam kabupaten angka kelahiran tertinggi yaitu Kabupaten Polewali Mandar,” ungkapnya. 

 

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DTPHP Sulbar Nur Kadar mengatakan, dalam mendukung kegiatan Sikomandan, pihaknya menyiapkan dan mendistribusikan Nitrogen Cair dan juga Semen Beku (bibit IB) sebanyak 47.742 ekor dosis dengan berbagai jenis diantaranya sapi jenis Simental, Limousin, Angus, Madura, Bali, Ongole, Brahman, PO, Pasundan, Wagyu, Kerbau dan Kerbau Belang.

 

“Kami semua berharap dengan adanya distribusi semen beku dan N2 cair ini dapat mendukung pengembangan inseminasi buatan sehingga meningkatnya populasi ternak unggul di Sulbar,” tutupnya. (rls)

Read 305 times
(0 votes)