18 Des 2023

Pemprov Sulbar-Pemkab Polman Lepas Pelayaran Perdana Tanjung Silopo Polman ke Lahad Datu Malaysia

 

Polman --Pemerintah Provinsi Sulbar dan Pemerintah Kabupaten Polman melakukan pelepasan Pelayaran Perdana Angkutan Penumpang melalui Polman ke Lahad Datu Malaysia, ditandai dengan penekanan tombol Sirene di Pelabuhan Tanjung Silopo Polman,  Senin, 18 Desember 2023

 

PJ Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan rasa syukur atas terwujudnya pelayaran perdana Tanjung Silopo-Lahad Datu Malaysia. 

 

"Hari ini kita mulai memanen apa yang dirancang oleh Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar dan Gubernur Sulbar periode 2017-2022 , Ali Baal Masdar sejak enam tahun lalu. Itu masa yang panjang. Ini Bukti ketangguhan dalam berusaha. Terima kasih atas ketangguhan kawan-kawan semua," ujar Prof.Zudan. 

 

Prof. Zudan mengingatkan hasil pertemuan dengan Ketua Menteri Sabah mengenai kebutuhan produk lokal asal Sulbar 

 

"Ketua Menteri Sabah sangat mendukung upaya pelayaran menuju Lahad Datu. PP.  Permintaanya perlu beras, sayur, telur, buah-buahan dari Indonesia. Saat ditanya begitu saya jawab 'bisa!'. 

 

Atas komitmen itu, Sestama BNPP ini mengharapkan kekompakan mulai dari unsur pemerintah kabupaten, provinsi hingga pusat bersama sama mendorong pemenuhan pengiriman barang dan angkutan manusia dari Indonesia ke Malaysia melalui Pelabuhan Tanjung Silopo Polman. 

 

"Saya akan dukung penuh. Kita siap kembangkan dari pengiriman PMI, non PMI, setelah itu pengiriman barang barang," pungkasnya. 

 

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengatakan, pembukaan jalur pelayaran Polman-Lahad Datu ini berangkat dari permasalahan yang dialami Pekerja Migran Indonesia yang ada di Lahad Datu, Sabah Malaysia. 

 

"Saya sangat senang dan bangga karena hasil kerja keras selama enam tahun untuk bagaimana Tanjung Silopo menjadi pelabuhan yang berguna untuk masyarakat Sulbar," ucap Ibrahim. 

 

Disampaikan, ini merupakan langkah awal dan diharapkan dapat lebih berkembang dengan menjadikan pelayanan pelayaran ini untuk akses dagang dan angkutan produk lokal daerah dengan tujuan mendorong perekonomian daerah dan mensejahterakan masyarakat Sulbar. Termasuk masyarakat Sulbar yang ada di Lahad-Datu Malaysia.

Dalam pelepasan pelayaran tersebut, selain Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan dan Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, juga hadir Gubernur Sulbar periode 2017-2022, Ali Baal Masdar, unsur forkopimda, instansi vertikal, pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar, Pemkab Polman, pekerja migran yang akan berlayar ke Lahad Datu, Sabah , Malaysia, dan undangan lain.  (Rls)

Read 337 times
(0 votes)