11 Des 2023

Kunjungi Desa Duampanua, Pj. Ketua TP-PKK Sulbar Ajak Lanjutkan PMT Untuk Anak Stunting

 

POLMAN--Pj. Ketua TP-PKK Sulawesi Barat (Sulbar) Ny. Ninuk Triyanti Zudan mengunjungi Desa Duampanua, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Senin 11 Desember 2023.

 

Kunjungannya dalam rangka menghadiri kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Untuk Anak Stunting Program Pengembangan Desa B2SA, bertempat di Kantor Desa Duampanua.

 

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua TP-PKK Polman, Jumriah Ibrahim, Ketua DWP Sulbar Ny. Kartini Hanafi Idris, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulbar Abdul Waris Bestari, Camat Duampanua, Kepala Desa Duampanua, para Pengurus TP. PKK kecamatan dan desa setempat.

 

Desa Duampanua merupakan salah satu desa dari tiga desa di Sulbar yang dipilih sebagai role model program pengembangan desa B2SA dari Badan Pangan Nasional kerja sama dengan TP. PKK Pusat. 

 

Pj. Ketua TP-PKK Sulbar Ny. Ninuk Triyanti Zudan mengatakan, PMT merupakan salah satu kegiatan program pengembangan desa B2SA Badan Pangan Nasional kerja sama dengan TP. PKK Pusat, dengan memilih beberapa lokus. Terpilihnya Desa Duampanua untuk memberikan makanan tambahan bagi anak-anak yang kondisinya perlu dibantu selama tiga bulan.

 

"Kita beri makanan selama tiga bulan, Alhamdulillah program ini berhasil dengan baik, banyak anak-anak menjadi lebih sehat, gizinya baik, peningkatan berat badan dan tinggi badan juga signifikan setelah diberikan makan," kata Ninuk

 

Sehubungan akan berakhirnya program itu pada 15 Desember 2023, Ninuk berharap kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa Duampanua agar terus melanjutkan kegiatan PMT.

 

Disampaikan, Desa Duampanua menjadi role model atau percontohan bagi desa lain. Dengan program ini diharapkan anak-akak bisa bebas dari stunting dan bisa lebih cerdas.

 

"Jika anak-anak kita sehat, maju, pasti daerah kita menjadi sejahtera," pungkasnya

 

Dia juga berpesan kepada ibu-ibu balita agar anak-anaknya dijaga dengan baik, diberi haknya untuk sehat agar kelak mereka menjadi harapan bersama.

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulbar, Abdul Waris Bestari menyampaikan, pengembangan desa B2SA merupakan kegiatan dana dekonsentrasi dari Badan Pangan Nasional yang ditindaklanjuti dengan MoU Badan Pangan Nasional dengan TP-PKK Pusat.

 

"Sehingga anggaran ini langsung masuk ke desa, dikelola oleh desa, dikelola oleh TP-PKK desa," kata Abdul Waris

 

Disampaikan, terdapat tiga kegiatan dalam program itu yakni, pemberian makanan tambahan kepada anak stunting, gerai pangan dan kebun percontohan. 

 

"Kegiatan ini dilaksanakan di tiga kabupaten, yaitu Polman berada di Desa Duampanua, Majene di Desa Bonde dan Mamuju berada di Desa Toabo," bebernya (rls)

Read 396 times
(0 votes)