22 Nov 2023

Persiapkan Akreditasi Laboratorium, UPTD Laboratorium Keswan dan Kesmavet DTPHP Adakan Pelatihan Validasi Metode dan Uji Dokumen Akreditasi

 

MAMUJU--UPTD Laboratorium Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengadakan Pelatihan Validasi Metode dan Uji Banding Dokumen Akreditasi di Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju, Kamis-Jumat (16-17 November 2023). 

 

Pelatihan itu merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka persiapan akreditasi laboratorium. Kegiatan sebelumnya dilaksanakan pada 25 September 2023. 

 

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris DTPHP Provinsi Sulbar, drh. Agus Rauf. Pelatihan bertujuan mempersiapkan laboratorium agar dapat memenuhi standar nasional dalam melakukan pengujian, sehingga mendapatkan akreditasi. 

 

drh. Agus Rauf mengatakan, dengan adanya pelatihan itu, diharapkan bahwa laboratorium dapat meningkatkan kualitas layanan dan hasil pengujian yang akurat, sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung sektor pertanian dan peternakan di wilayah Sulbar. 

 

“Adanya pelatihan ini diharapkan laboratorium diagnostik hewan di wilayah Sulbar dapat meningkatkan kualitas layanan dan hasil pengujian yang akurat sesuai dengan standar nasional,” kata drh. Agus Rauf. 

 

Dia menuturkan, hal itu akan memberikan manfaat besar bagi sektor pertanian dan peternakan di wilayah Sulbar, serta memberikan kepercayaan bagi masyarakat terhadap hasil pengujian laboratorium diagnostik hewan. 

 

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber yaitu drh. Wahyuni, dan Sukmawaty dari Balai Besar Veteriner Maros. Narasumber memberikan materi tentang proses validasi metode dan uji banding dokumen akreditasi laboratorium diagnostik. Mereka juga berbagi pengalaman dan best practice dalam mengimplementasikan standar nasional di laboratorium diagnostik hewan. Para peserta pelatihan juga diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman sehingga dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang proses akreditasi laboratorium diagnostik. (rls)

Read 285 times
(0 votes)