20 Nov 2023

HKG PKK Ke-51, DLH Bersama TP-PKK Sulbar Lakukan Penanaman Mangrove

 

MAMUJU--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bekerjasama Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulbar melakukan aksi penanaman mangrove di Lingkungan Rangas, Kelurahan Simboro, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Minggu, 19 November 2023.  

 

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke -51 Tahun 2023. 

 

Hadir pada kegiatan itu Pj. Ketua TP-PKK Provinsi Sulbar, Ny. Ninuk Triyanti Zudan bersama seluruh pengurus TP-PKK Provinsi Sulbar, Kepala DLH Provinsi Sulbar, Zulkifli Manggazali beserta staf. 

 

Secara simbolis sebanyak 200 bibit mangrove jenis Rhizopora ditanam di kawasan yang berada di sekitar Lokasi Wisata Rangas Beach. 

 

Kepala DLH Sulbar, Zulkifli Manggazali mengatakan, mangrove yang telah ditanam akan dimonitor secara kontinyu oleh DLH Sulbar dan nantinya akan dilakukan penyulaman bila terdapat mangrove yang mati atau tidak berhasil tumbuh. 

 

"Ini adalah bentuk komitmen kita dalam upaya pelestarian lingkungan dan penurunan Emisi Gas Rumah Kaca melalui program Nasional FOLU Net Sink pada tahun 2030,” kata Zulkifli

 

Senada dengan Kepala DLH Sulbar, Pj. Ketua TP-PKK Sulbar, Ny. Ninuk Triyanti Zudan juga menyampaikan komitmennya untuk terus memonitor pertumbuhan mangrove bersama tim dari DLH Sulbar yang diagendakan setiap bulannya.

 

Mangrove adalah jenis tumbuhan yang sangat bermanfaat sebagai penyeimbang ekologis, dan juga berperan penting dalam mitigasi perubahan iklim dimana mangrove memilik peran dalam melindungi kawasan pesisir dari bencana abrasi, menahan ombak, pendangkalan hingga mencegah dampak kerusakan ketika terjadi bencana tsunami. Selain itu, mangrove juga bermanfaat dari segi ekonomi melalui pemanfaatan penyerapan karbonnya dan juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi ekowisata. (rls)

Read 455 times
(0 votes)