18 Nov 2023

DTPHP Sulbar Gelar Bimtek Sertifikasi Benih dan Pemberdayaan Penangkar Tahun Anggaran 2023

 

POLMAN--Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPTD BPSBTPH) Provinsi Sulbar, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sertifikasi Benih dan Pemberdayaan Penangkar Tahun Anggaran 2023 di Aula Hotel Pacific, Kecamatan Wonomulyo, Kab. Polewali Mandar, Kamis 16 November 2023.

 

Bimtek tersebut diikuti 25 peserta penangkar benih dan petugas penyuluhan pertanian yang berasal dari Kabupaten Polewali Mandar. 

 

Kepala DTPHP Sulbar Muhtar mengatakan, kegiatan yang dilaksanankan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi penangkar benih dalam melaksanakan proses sertifikasi benih tanaman pangan untuk menghasilkan benih yang bermutu sesuai dengan standart mutu di tingkat lapangan. Kemudian juga untuk memperluas areal penangkaran benih tanaman pangan guna mensuplai kebutuhan benih terutama di Kabupaten Polewali Mandar.

 

“Melalui kegiatan ini juga sekaligus menemukan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh penangkar benih,” kata Muhtar dalam sambutannya sekaligus membuka Bimtek tersebut 

 

Dia menuturkan, diharapkan untuk selanjutnya seluruh petani penangkar yang telah mengikuti Bimtek itu menjadi para penangkar benih yang kompeten dan berwawasan tentang perbenihan dan hasil dari produksi benihnya dapat mencukupi kebutuhan benih untuk wilayah Sulbar, khususnya Kabupaten Polewali Mandar.

 

Bimtek tersebut juga dihadiri Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kab. Polewali Mandar, Koordinator Penyuluh Provinsi  Sulbar, dan Petugas Pengawas Benih Tanaman Se Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene.

 

Kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kabupaten Pasangkayu dan direncanakan  juga digelar  di Kabupaten Mamasa untuk memenuhi kebutuhan benih di Sulbar. (rls)

Read 248 times
(1 Vote)