09 Nov 2023

Jemput Bola, Disdukcapil Sulbar Lakukan Perekaman KTP di SMK dan MAN di Mamuju

 

MAMUJU - Pemprov Sulbar melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sulbar menjemput bola dengan melakukan perekaman e-KTP di SMK 1 Rangas dan MAN 1 Mamuju, Kamis 9 November 2023.

 

Program ini dilakukan sesuai arahan Pj Gubernur Sulbar agar Disdukcapil melakukan perekaman di lapangan dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah.

 

Kadis Dukcapil Sulbar Muhammad Ilham Borahima mengatakan ada dua sekolah didatangi dan melakukan perekaman e-KTP kepada siswa yang sudah berumur 17 tahun ke atas.

 

"Pertama di SMK 1 Rangas kita melakukan perekaman sebanyak 26 siswa dan MAN 1 Mamuju sebanyak 64 siswa karena ada kendala yakni kondisi mati lampu dari PLN," kata Ilham Borahima.

 

Adapun, kendala dihadapi saat dilapangan rata-rata siswa tidak ditempat karena sedang sementara PKL dilapangan.

 

"Ini dilakukan agar percepatan perekaman segara dilakukan dan siswa yang sudah berumur 17 tahun bisa memilih di Pemilu 2024 mendatang," bebernya.

 

Mengingat, dalam DPT KPU tersebar di kabupaten ada ribuan pemilih belum memiliki KTP yang sudah bisa ikut serta dalam Pemilu 2024 untuk mencoblos.

 

"Makanya kita membantu penyelenggara dengan turun dilapangan melakukan perekaman. Ini juga sesuai instruksi Pj Gubernur Sulbar," paparnya.

 

Apalagi, ditargetkan pemilih yang mencoblos di tanggal 14 Februari 2024 bisa mencapai 80 persen. Ini menjadi target bersama dalam pesta demokrasi yang dihadapi saat ini.

 

"Makanya kita tindak lanjuti. Jadi perekaman ini dilakukan sampai beberapa hari pemilihan. Kalau masih ada belum mempunyai KTP di hari pencoblosan akan diberikan surat keterangan bahwa sudah bisa memilih dan bahkan kita akan berikan KTPnya yang pas hari pencoblosan umurnya sudah sampai 17 tahun," ujarnya.

 

Dia mengajak kepada semua masyarakat dan siswa untuk melakukan perekaman e-KTP agar bisa memilih nantinya.

 

"Mari kita ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi yang sedang dijalankan. Kita akan terus memberikan pelayanan terbaik," tandasnya.(rls)

Read 452 times
(0 votes)