08 Nov 2023

Puskeswan Banggae dan Parabu Wakili Sulbar Pada Lomba Puskeswan Terbaik Tingkat Nasional 2023

 

MAMUJU– Bidang Peternakan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pendampingan terhadap Tim Penilai Lomba Puskeswan (Pusat Kesehatan Hewan) tingkat nasional yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian pada Kamis dan Jumat (2-3 November 2023). 

 

Tujuan lomba ini adalah pembinaan Puskeswan se-Indonesia agar meningkatkan kinerjanya sebagai garda terdepan dan ujung tombak dalam penanganan kesehatan hewan.

 

Kepala Bidang Peternakan DTPHP Sulbar Nur Kadar mengatakan, tahun ini ada dua Puskeswan yang diusulkan untuk mewakili Sulbar ke tingkat nasional. Dua puskeswan tersebut yaitu Puskeswan Banggae Kabupaten Majene dan Puskeswan Parabu Kabupaten Pasangkayu. 

 

“Sebelumnya, telah diadakan lomba Puskeswan terbaik tingkat provinsi Sulbar dan didapat 4 (empat) juara yaitu Puskeswan Mapilli, Puskeswan Banggae, Puskeswan Parabu dan Puskeswan Topoyo. Namun Puskeswan Mapilli telah menjuarai harapan 1 pada Lomba Puskeswan Nasional Tahun 2022 lalu, sehingga yang diusulkan ke tingkat nasional tahun ini Puskeswan Banggae dan Puskeswan Parabu,” ungkap Nur Kadar (2/11/2003)

 

Pihaknya berharap, tahun ini perwakilan Puskeswan dari Sulbar dapat masuk 3 (tiga) besar secara nasional, sehingga adanya lomba itu akan menambah motivasi Tim Puskeswan dalam meningkatkan kinerjanya, semakin berkualitas dan profesional dalam pelayanan. 

 

Adapun indikator yang dinilai diantaranya Bukti Puskeswan terdaftar dalam iSIKHNAS, SK Kelembagaan Puskeswan, SK Penetapan Petugas dan memiliki personil Dokter Hewan dan paramedik Veteriner dan personil lainnya, serta Data Dasar Puskeswan seperti data sarana dan prasarana, jenis pelayanan sampai inovasi dalam pengembangan pelayanan kesehatan hewan. Diketahui, saat ini penilaian terhadap Puskeswan masih dilakukan di seluruh Indonesia. (rls)

 

#pemprovsulbar

#sulbarjaya

#sulbarmaju

#sulbarmalaqbi

#sulbar

@kominfosulbar

@ikp

#mamuju

#majene 

#polewali

#mamasa

#pasangkayu

#mateng

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   YouTube : Pemprov Sulbar 

 

Instagram: @pemprov_sulbar

 

Facebook /Fanpage : Pemprov Sulawesi Barat/ Pemprov Sulbar

 

Website : https://berita.sulbarprov.go.id/

 

Tik tok : @pemprov.sulawesibarat

Read 436 times
(0 votes)