03 Nov 2023

Tiga Kalinya Sekretariat DPRD Sulbar Intervensi Masalah 4+1 di Kecamatan Limboro

 

POLMAN--Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terus menggalakkan Program Penanganan Masalah 4 + 1 (stunting, kemiskinan ekstrem, anak tidak sekolah, perkawinan anak dan pengendalian inflasi) di Kecamatan Limboro, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), tepatnya di Kantor Kepala Desa Napo Jalan Todilaling Napo, diantaranya Dusun 1 Napo, Dusun Lambe-lambe dan Dusun Saliboo, Kamis, 02 November 2023.

 

Pada intervensi kali ini, Sekretariat DPRD Sulbar menyiapkan 14 paket, terdiri dari 14 rak telur dan 14 beras 5 kg bagi penderita stunting .

 

Dari hasil pantauan di lapangan, saat ini sejumlah perubahan ke arah yang lebih baik mulai dirasakan bagi penderita stunting di lokasi tersebut.

 

Sekretaris DPRD (Sekwan) Sulbar Abd. Wahab Hasan Sulur berharap kepada ASN, khususnya di lingkup Sekretariat DPRD Sulbar konsisten melakukan intervensi penanganan 4+1. 

 

Kepala Desa Napo, Basri mendukung keberlanjutan program tersebut. Menurutnya dengan adanya program itu dapat menekan stunting. 

 

"Melalui program ini kita bisa atasi anak stunting dan tidak melahirkan anak stunting baru," katanya. 

 

Sementara, Kasubag Analisis Hukum Ahli Muda, Abd. Rauf mengungkapkan, intervensi di Desa Napo dalam rangka memberikan edukasi terkait penanganan masalah 4+1 Sulbar. 

 

Selain stunting, pada kesempatan itu pihaknya juga memberikan edukasi terkait dampak pernikahan usia dini serta memberikan pendampingan kepada pasangan muda agar tidak melahirkan bayi stunting.

 

Menurut Rauf, dengan nikah muda akan berdampak bagi kesehatan ibu dan anak baik fisik maupun secara psikis. Namun karena sudah terlanjur terjadi, pihaknya berharap kepada keluarga itu agar menunda kelahirannya sebab berisiko dari sisi kesehatan, apalagi jika belum siap untuk hamil.

 

"Ini bisa mengakibatkan calon bayi nantinya lahir dengan tidak sehat atau stunting," ucap Rauf. 

 

Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi dari berbagai pihak dalam rangka memutus mata rantai stunting.

 

Salah satu Warga Desa Napo menilai bantuan dari Sekretariat DPRD Sulbar tersebut sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat. (rls)

Read 355 times
(0 votes)