30 Okt 2023

Upaya Turunkan Angka Stunting, Dinas DTPHP Kembali Salurkan Bantuan Bahan Pangan di Papalang dan Kalukku

 

MAMUJU–Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) kembali melakukan penyaluran bantuan bahan pangan kepada balita stunting dan beresiko stunting di Desa Toabo, Desa Papalang dan Desa Bonda Kecamatan Papalang dan di Desa Beru-beru serta Desa Sondoang Kecamatan Kalukku pada Jumat – Sabtu, 27-28 Oktober 2023. 

 

Sebanyak 120 paket beras dan telur dibagikan secara bertahap pada kegiatan ini. Penyaluran bantuan ini merupakan kedua kalinya setelah kegiatan yang pertama pada Bulan Agustus lalu. Dalam penyaluran kedua ini, Dinas TPHP membagikan paket berupa beras kemasan 5 Kg dan Telur Ayam 1 rak. Adapun jumlah penerima bantuan tersebut diataranya Desa Toabo 10 paket, Desa Papalang 9 paket dan Desa Bonda 6 paket. Sedangkan Di Kecamatan Kalukku 10 Paket di desa Beru-Beru dan 10 Paket di Desa Sondoang. Untuk pembagiannya sendiri, dilaksanakan di setiap desa dengan melibatkan Bidan dan para kader desa. 

 

Sebagai informasi, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada Balita yang disebakan oleh kekurangan gizi dalam jangka waktu lama dan kurangnya stimulasi yang diukur dari tinggi badan anak dibandingkan dengan umurnya. Atau stunting merupakan kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan, sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek yang tidak sesuai dengan usianya. 

 

Sekretaris Dinas TPHP drh. Agus Rauf mengatakan, penyaluran bantuan itu dengan cara menemui orang tua dan balita yang berisiko stunting tersebut, dan selain memberikan bantuan juga memberikan pengetahuan kepada keluarga mereka serta memantau perkembangan balita stunting apakah sudah menunjukkan kondisi yang lebih baik atau belum. 

 

”Stunting sangat terkait dengan tumbuh kembang anak, kami hadir di sini untuk melihat langsung kondisi balita dan tim pendampingan keluarga guna mendapatkan data yang akurat dan membantu mengatasi persoalan stunting,” ungkapnya. 

 

Sementara, salah satu Bidan Pustu Toabo, Made sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulbar khususnya Dinas DTPHP karena sudah membantu masyarakat setempat. 

"Terima kasih kepada DTPHP Sulbar yang telah membantu warga kami. Program yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulbar ini sangat membantu masyarakat untuk keluar dari permasalahan stunting,"ucapnya.

 

Dengan pemberian bantuan berupa paket beras dan telur ayam secara bertahap, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan gizi sehingga dapat menekan angka stunting di Sulbar sebagai salah satu tugas besar untuk menyelamatkan generasi yang ada di provinsi ke 33 ini. (rls)

 

#pemprovsulbar

#sulbarjaya

#sulbarmaju

#sulbarmalaqbi

#sulbar

@kominfosulbar

@ikp

#mamuju

#majene 

#polewali

#mamasa

#pasangkayu

#mateng

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              YouTube : Pemprov Sulbar 

 

Instagram: @pemprov_sulbar

 

Facebook /Fanpage : Pemprov Sulawesi Barat/ Pemprov Sulbar

 

Website : https://berita.sulbarprov.go.id/

 

Tik tok : @pemprov.sulawesibarat

Read 296 times
(1 Vote)