29 Okt 2023

Jaga Kamtibmas, Kasatpol PP Sulbar : Hadirkan Rasa Aman Melalui Patroli

 

MAMUJU--Dalam rangka mewujudkan situasi yang aman dan tenteram di masyarakat, sebagaimana tugas dan fungsinya, Satpol PP Sulbar kembali melakukan patroli di wilayah Kab. Mamuju dan Kab. Polewali Mandar, Sabtu 28 Oktober 2023. Patroli dimulai pukul 20.00 Wita.

 

Hal itu dilakukan agar masyarakat dapat menjalankan aktifitasnya dengan rasa aman, terutama menjelang tahun politik dimana akan memasuki pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

 

Kasatpol PP Sulbar, Bujaeramy Hassan mengatakan, patroli rutin dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

“Kami selaku perangkat daerah Pemprov Sulbar yang mempunyai tupoksi menjaga trantibum, tentu harus semakin pro aktif bersama dengan unsur terkait seperti TNI/Polri dan Satpol PP Kabupaten melakukan patroli di semua wilayah sesuai kewenangan masing-masing," kata Bujaeramy saat dihubungi

 

Menurutnya, keamanan dan ketertiban merupakan syarat utama bagi masyarakat untuk beraktifitas di segala sektor dengan baik, sehingga menjaga kamtibmas menjadi tanggungjawab bersama.

 

Untuk lokasi patroli dan kegiatan yang dilakukan, Bujaeramy yang memimpin patroli di Pasar Sentral Pekkabata Polman menjelaskan, titiknya tersebar di lokasi yang diperkirakan ramai dan menjadi pusat kegiatan masyarakat.

 

“Personel berpatroli di sekitar Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Pasar Baru Mamuju, Pasar Sentral Mamuju, sepanjang jalan arteri dan kantor serta rujab Pemprov Sulbar. Sedangkan untuk wilayah lain di luar Kota Mamuju, yaitu di wilayah Tapalang, Kalukku. Untuk Kab. Polman yaitu di Pasar Pekkabata, Pasar Wonomulyo, dan Pasar Tinambung,"urainya. 

 

Lebih lanjut dijelaskan, dalam patroli, juga dilakukan edukasi ke masyarakat mengenai pentingnya menjaga kamtibmas serta dampak- dampak buruk dari gangguan kamtibmas. 

 

"Hal ini penting dilakukan untuk menghadirkan rasa aman di tengah masyarakat kita, salah satu caranya dengan melakukan patroli rutin. Patroli ini dilakukan tentu tetap memperhatikan kewenangan sesuai aturan yang ada,"tutup Bujaeramy.

 

Senada dengan Kasatpol PP, Dermawan selaku koordinator dalam kegiatan patroli juga mengatakan, patroli dilakukan untuk menghadirkan rasa aman bagi masyarakat Mamuju.

 

“Tujuannya tentu untuk memelihara keamanan di masyarakat, bagaimana kita berupaya agar Satpol PP hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberi rasa aman. Kami juga melakukan dialog tentang kondisi kamtibmas dan masyarakat mengatakan bahwa situasi relatif aman. Hal ini yang tentunya ingin kita jaga,” ujarnya.

 

Terkait dialog, Dermawan menuturkan, hal itu penting untuk menyerap keluhan dan masukan masyarakat, juga agar terjalin rasa kebersamaan dengan masyarakat. 

 

"Informasi masyarakat dibutuhkan untuk memetakan daerah rawan kriminal. Alhamdulillah, dalam patroli kali ini tidak dijumpai hal-hal yang mengganggu kamtibmas secara signifikan" tutupnya

 

Dedi, salah seorang masyarakat yang ditemui di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju mengatakan, di Kota Mamuju kondisi berbeda dengan kota asalnya. Perantau asal Kota Batam tersebut menilai bahwa masyarakat Sulbar cukup ramah dan keamanan relatif baik. (rls)

Read 426 times
(0 votes)