11 Okt 2023

BKD Kembali Ingatkan Netralitas ASN dalam Pemilu

 

Mamuju--Pemilihan Umum 2024 semakin dekat, olehnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulbar kembali mengingatkan akan netralitas ASN pada pemilu. 

 

Kepala BKD Sulbar Muh.Ali Chandra menyampaikan, terkait netralitas ASN pihaknya berkoordinasi dan bekerjasama Bawaslu bersama-sama melakukan pengawasan ASN, khususnya lingkup Pemprov Sulbar. 

 

"Kami selalu menekankan itu kepada ASN, soal netralitas sebagaimana surat edaran yang kita sampaikan di awal 2023," ucap Ali Chandra, Rabu, 11 Oktober 2023

 

Dia mengaku, penekanan terkait imbauan netralitas ASN pada pemilu sejak awal disampaikan pada Maret 2023. 

 

"Dan kita juga sudah bersurat ke bupati terkait surat edaran tersebut," kata Ali Chandra. 

 

Dia pun mengaku, beberapa ASN telah mendapat teguran karena ditemukan menyatakan dukungan kepada salah satu bakal calon, melalui media sosial. Dan ini sudah disidang KASN.

 

Saat ini, kata Ali Chandra pihaknya sedang melakukan rekap terhadap sejumlah ASN yang mendaftarkan diri pada Pileg mendatang. "Baru beberapa yang kami tahu dan dia ASN yang bersangkutan sudah mengundurkan diri dari ASN," ungkapnya. 

 

 PJ Gubernur Sulbar Prof.Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan , 

Aparatur Sipil Negera (ASN) terikat dengan berbagai regulasi yang mengatur terkait netralitas dalam pemilu. 

 

Menurutnya, netralitas ASN bukan berarti tidak memihak sebab netralitas memilik hak dalam memilih salah satu calon. Namun keberpihakan ASN hanya pada saat di bilik suara. 

 

"Memihaknya itu pada saat nyoblos saat di TPS. ASN juga jangan tidak memilih. Pilihannya itu bentuk keberpihakanya hanya boleh di bilik suara," tutup Zudan. (rls)

Read 877 times Last modified on Rabu, 11 Oktober 2023 14:29
(0 votes)