11 Okt 2023

Biro Organisasi Beri Bimbingan Pelaksanaan SKM Kepada OPD Penyelenggara Layanan Publik

 

TOPOYO--Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Rapat Koordinasi dan Bimbingan Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten se-Sulbar Tahun 2023 di Wisma Bahari Indah Topoyo, Kab. Mamuju Tengah, Selasa 10 Oktober 2023.

 

Rapat Koordinasi dan Bimbingan Pelaksanaan SKM dibuka Kepala Biro Organisasi Setda Sulbar Hamdani Hamdi. Peserta kegiatan dari OPD penyelenggara pelayanan publik pemerintah provinsi dan kabupaten dan anggota Biro Rena Polda Sulbar. 

 

Kepala Bagian Tatalaksana dan Pelayanan Publik Biro Organisasi Setda Sulbar Subuki menyampaikan, perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik belum terbiasa melakukan SKM dalam mengukur tingkat kepuasan pelayanan publik terhadap kinerja penyelenggara pelayanan.

 

"Kecuali OPD yang terbiasa dievaluasi kinerja pelayanan publik oleh Kemenpan-RB, misalnya Dinas PMPTSP, RSUD dan UPTD Samsat Mamuju,"kata Subuki

 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan-RB RI) Rachmat, Pejabat Analis Kebijakan Muda. 

 

Rachmat mengatakan, OPD penyelenggara pelayanan harus mampu mengukur tingkat kepuasan masyarakat berdasarkan Permenpan-RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

 

Dijelaskan, pentingnya pelaksanaan SKM dalam instansi pemerintah penyelenggara pelayanan agar pemerintah mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

 

"Untuk itu perlu ditindaklanjuti unsur-unsur yang membuat masyarakat pengguna layanan tidak puas, bahkan dalam kehidupan rumah tangga saja perlu diukur tingkat kepuasan pelayanan bapak-bapak dan ibu-ibu terhadap anggota keluarganya,"ucapnya (rls)

Read 460 times
(0 votes)