10 Okt 2023

Sosialisasi Penggunaan OSS dan Penerapan Sanitasi Higiene, Distapan Sulbar: Pangan Lebih Aman

 

MAMUJU --Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulbar menggelar sosialisasi Penggunaan Online Singgle Submission (OSS) dan Penerapan Sanitasi Higiene, di Mamuju, Selasa , 10 Oktober 2023

 

Kegiatan itu bertujuan memberikan edukasi kepada petani maupun kelompok usaha yang memproduksi pangan terkait pentingnya sertifikasi pangan serta proses sertifikasi yang saat ini lebih mudah dari sebelumnya. 

 

"Kami berkomitmen memberikan kemudahan untuk melakukan sertifikasi produk pangan," ucap Kepala Distapan Sulbar Abd.Waris Bestari pada Sosialisasi Penggunaan Online Singgle Submission (OSS) dan Penerapan Sanitasi Higiene oleh UPTD Balai Sertifikasi dan Pengawasan Pangan Segar Asal Tumbuhan Distapan Sulbar. 

 

Waris menjelaskan, dengan sertifikasi produk pangan telah memberikan kepastian kepada masyarakat akan pangan berkualitas dan aman. Namun ia berharap setelah pemberian sertifikat tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai jual sehingga pendapatan dari produk tersebut terus berkembang. 

 

"Jangan setelah disertifikatkan tidak hasilnya sama saja. Jangan berhenti pada keluarnya selembar sertifikat, tetapi terus berkembang," tandasnya. 

 

Pada kesempatan itu juga dilakukan promosi produk pangan segar yang sudah mendapat sertifikasi. Distapan Sulbar juga menyerahkan sertifikat kepada sejumlah pelaku usaha seperti Mustajami asal Malunda Majene yang memproduksi Nanas, Sukiman asal Pamboang Majene memproduksi 

Loka Pere, Jeruk dari Pasangkayu dan beberapa produk pangan lainnya. 

 

Waris berkomitmen akan mendukung kemudahan akses sertifikasi, ia juga mengajak Distapan di enam kabupaten yang turut hadir pada kegiatan itu agar memfasilitasi dan menjemput proses sertifikasi pangan di daerah. (rls)

Read 378 times
(0 votes)