12 Agu 2023

Tangani Masalah Empat Plus Satu, Dinkes Sulbar Gelar Ma’silambi di Majene

 

MAJENE--Dalam rangka memberantas masalah stunting di Sulawesi Barat (Sulbar), Dinas Kesehatan Sulbar menggelar kegiatan Ma'silambi di Majene tepatnya di Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur.

 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut yakni 10 - 11 Agustus 2023 dihadiri langsung Kepala Dinas Kesehatan Sulbar drg. Asran Masdy bersama beberapa pihak terkait seperti Dinas Kesehatan Majene, Camat Majene, Kepala Puskesmas, Lurah Baurung, Forum Ma'silambi, dan Kader.

 

Program Ma'silambi sebagai upaya terobosan terstruktur, sistematis, dan masif untuk menekan angka stunting di Sulbar, yang merupakan program yang didorong oleh Dinas Kesehatan Sulbar di tiga lokus desa/kelurahan di Sulbar.

 

Hari pertama kegiatan dilangsungkan di Villa Andata, yang mana para peserta sepakat untuk membangun komitmen bersama dalam upaya penanganan stunting. Salah satu komitmen yang dihasilkan adalah tekad Kelurahan Baurung untuk memaksimalkan penimbangan balita berusia 0-59 tahun, dengan target pencapaian 100 persen hingga 31 Agustus 2023. Langkah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mengatasi masalah stunting yang telah menghantui pertumbuhan generasi muda.

 

Pada hari kedua, fokus beralih ke kegiatan posyandu dan penyerahan paket bantuan bagi balita gizi kurang. Sebanyak 12 balita mendapatkan bantuan berupa paket beras dan telur, sebagai bagian dari upaya untuk memastikan asupan gizi yang cukup bagi mereka. Langkah ini mencerminkan komitmen konkret untuk menghadirkan perubahan positif dalam kondisi gizi balita di Kelurahan Baurung.

 

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar drg. Asran Masdy mengatakan, kegiatan yang digelar menjadi bukti nyata dari implementasi penanganan empat masalah plus satu yang dicanangkan oleh Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakhrulloh. 

 

"Selain memerangi masalah stunting, kegiatan ini juga merangkul aspek-aspek lain yang berkaitan dengan kesehatan anak dan ibu di Kelurahan Baurung,"kata Asran

 

Asran mengungkapkan, kolaborasi lintas sektor dan dukungan dari berbagai pihak terbukti menjadi kunci keberhasilan dalam merdeka dari belenggu stunting. 

 

Ia menyatakan, langkah-langkah positif seperti itu akan terus ditingkatkan dan diadopsi di berbagai wilayah, guna memastikan masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda Indonesia khususnya di Sulbar.

 

"Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan rutin ke lokus stunting di Sulbar,"ucapnya (rls)

Read 656 times
(0 votes)