28 Jul 2023

Pemprov- OJK Komitmen Beri Kemudahaan Akses Keuangan Bagi Pelaku Usaha Sulbar

 

Mamuju --Pemprov Sulbar akan bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mendorong peningkatan inklusi keuangan di Sulbar. 

 

Sebagaimana dipahami inklusi keuangan adalah ketersediaan akses akan berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan formal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Pj. Gubernur Sulbar Prof.Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, salah satu upaya yang didorong adalah mewujudkan skema yang lebih mudah. Utamanya bagi pelaku usaha guna menggerakkan perekonomian daerah. 

 

"Kami ini mendorong inklusi keuangan berharap semua masyarakat bisa masuk ke sektor keuangan perbankan untuk mengembangkan ekonominya," ujar Zudan pada audiensi OJK di Kantor Sementara Gubernur Sulbar, Jumat 28 Juli 2023. 

 

Selain itu, memberikan akses bagi ASN agar lebih mudah mendapatkan akses kredit untuk kepemilikan rumah. 

 

Kepala OJK Regional VI Sulawesi Maluku dan Papua (Sulampua) Darwisman menyampaikan, 

Perbankan di Sulbar terus bertumbuh positif. Apalagi didukung dengan potensi Sulbar di berbagai sektor, baik pertanian, perikanan dan perkebunan. 

 

"Ini perlu literasinya didorong, aksesnya dipermudah, pendampingannya juga, dengan harapan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Sulbar," ucap Darwisman. 

 

Lanjut Darwisman, peningkatan inklusi di setiap daerah adalah salah satu amanat presiden RI menginginkan Indek inklusi keuangan di akhir 2024 harus di angka 90 persen. 

 

"Mudah-mudahan dengan upaya sinergi dan kolaborasi capaian itu akan terwujud. 

Kami tentu akan menggerakkan semua yang dibawah koordinasi OJK untuk menyukseskan program dalam wadah tim percepatan akses keuangan di daerah provinsi sulbar," pungkasnya. (rls)

Read 552 times
(0 votes)