01 Mar 2023

Idris : Penanganan Kepemudaan Harus Secara Spesifik

 

Mamuju -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat ( Pemprov Sulbar ), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektor Mengenai Penyusunan Rencana Aksi Daerah ( RAD ), Tentang Layanan Kepemudaan Tahun 2023 di Rumah Jabatan ( Rujab ) Sekprov Sulbar, Rabu 1 Maret 2023.

 

Kegiatan ini sebagai tindaklanjut hasil evaluasi Selft Assesment oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, bersama Kementerian Dalam Negeri, Bappenas, Kemenko PMK terkait evaluasi hasil Assesment kapasitas pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pelayanan kepemudaan pada Senin 13 Februari 2023, dan hasil Monitoring Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora di Sulbar pada Kamis 12 Januari 2023, yang menunjukkan bahwa Sulbar merupakan salah satu provinsi yang belum melaksanakan aksi tindaklanjut RAD.

 

Rakor dihadiri Sekprov Sulbar Muhammad Idris (virtual), Asisten I Bidang Pemkesra Herdin Ismail dan beberapa Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulbar, serta undangan lainnya.

 

Dalam arahannya, Sekprov Sulbar Muhammad Idris menekankan bahwa penanganan kepemudaan harus dilakukan secara spesifik, dengan melakukan pendampingan pada sektor yang bermasalah khusus pada sektor pendidikan. 

 

"Kita mulai pendampingan di sektoral yang bermasalah, karena kita harus mencetak generasi penerus. Saya mendukung penuh tata pengelolaan kepemudaan ini, "ucap Idris

 

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulbar, Safaruddin Sanusi DM mengatakan, instrumen keberhasilan pembangunan pemuda adalah ada pada Indeks Pembangunan Pemuda ( IPP ). Indikator pembangunan itu ada pada pendidikan, kesehatan, dan partisipasi kepemimpinan.

 

"Sesuai dari data tahun ke tahun itu mengalami fluktuasi, Inilah yang akan kita lakukan kedepannya. Persoalan yang kita hadapi sekarang ini ada pada terintegrasi data, sehingga kedepanya ini harus terintegrasi, baik di OPD lingkup Pemprov hingga kabupaten, sehingga kita tidak berbicara satu dinas saja, karena memang kita dipacu oleh Perpres No. 43 Tahun 2022, yaitu Tim Koordinasi Tingkat pusat hingga daerah,"kata Safaruddin saat ditemui awak media (suaib)

Read 230 times
(0 votes)