27 Feb 2023

Daerah Kurang Terkendali Inflasi Diminta Segera Lakukan Intervensi Pengendalian

 

Mamuju -- Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) kembali menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023, Senin, 27 Februari 2023. Rakor dipimpin Mendagri RI Tito Karnavian.

 

Kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh beberapa Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulbar, yaitu Kepala Dinas Sosial Muhammad Rahmat, Kepala Dinas TPHP Muhtar, Kepala Biro Ekbang Masriadi Nadi Atjo dan pejabat OPD terkait lainnya, dari Kantor Sementara Gubernur Sulbar ( Ex. Rujab Wagub ).

 

Dalam rapat, Mendagri RI Tito Karnavian mengatakan, bahwa Inflasi dipengaruhi oleh komponen penyumbang inflasi barang dan jasa. 

 

"Perkembangan barang dan jasa ini harganya diatur oleh pemerintah, khusus pada inflasi barang dan jasa yang perkembangan harganya sangat bergejolak,"kata Tito Karnavian 

 

Tito Karnavian menyebutkan, sesuai arahan Presiden RI pada Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ( APPSI ), kepala daerah diminta terus monitor setiap minggu dan menjaga pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

 

"Pelaksanaan rapat TPID secara reguler rutin ( Mingguan ), daerah-daerah yang kurang terkendali segera lakukan intervensi pengendalian. Pemerintah juga memonitor melalui TPIP ( khususnya tarif PLN, PDAM, Angkutan Kota ),"ungkapnya  

 

Dia menambahkan, kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional. 

 

"Ekonomi nasional merupakan agregat penjumlahan dari daerah provinsi, kabupaten/kota,"terangnya ( Suaib )

Read 254 times
(0 votes)