17 Des 2022

Idris : Kehadiran RAPI Menjadi Bagian Penting Menata Peradaban di Sulbar

 

Mamuju-Kehadiran RAPI Daerah 34 Sulbar telah menjadi bagian penting dari peran-peran menata peradaban di daerah ini. Tentunya, dengan sejumlah agenda-agenda yang kedepannya jauh lebih integratif bersama sejumlah pihak yang strategis.

Hal itu disampaikan, Sekprov Sulbar Muhammad Idris, pada acara Hari Ulang Tahun (HUT) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Daerah 34 Sulbar Ke-2 Tahun, di Tribun Merah Putih Lapangan Upacara Rujab Gubernur Sulbar, Sabtu 17 Desember 2022.

Idris menyampaikan, terdapat beberapa tugas pemerintah yang membutuhkan peran RAPI, diantaranya dalam hal merancang sebuah rencana perubahan, misalnya perencanaan daerah, OPD dan bagaimana membangun hubungan dengan kabupaten, sehingga menurutnya pemerintah tidak mungkin bisa melepas organisasi tersebut. 

"Pemda tidak mungkin mendapatkan evidence atau bukti-bukti faktanya kalau tidak ada informasi yang memadai. Darimana informasi yang memadai itu?, dari berbagai macam chanel yaitu salah satu chanelnya adalah RAPI,"kata Idris

Olehnya itu, Idris menyatakan Pemprov Sulbar akan terus memberikan dukungan kepada RAPI Daerah 34 Sulbar dalam menjalankan visi misi di provinsi ke-33 ini.

Tugas pemerintah selanjutnya adalah memberi pelayanan kepada masyarakat. Pada aspek kebencanaan, Pemda bersama DPRD dengan Kalaksa BPBD tidak bisa mendapatkan informasi lebih cepat tanpa ada RAPI.

"Itulah menjadi elemen utamanya, mengapa RAPI ini menjadi kebutuhan tidak terelakkan dari pemerintahan,"ujar Idris

Idris juga menyampaikan, Sulbar merupakan daerah yang memiliki indeks resiko bencana tertinggi di Indonesia. Untuk itu, melalui momen tersebut Ia mengajak RAPI untuk kolaborasi dengan Kalaksa BPBD melakukan pendidikan kebencanaan bagi warga, sehingga komitmen bersama untuk mewujudkan Sulbar menjadi provinsi tangguh bencana bisa tercapai.

"Kalau kita tidak bisa berjalan bersama agak berat memikul tanggungjawab ini, karena 1,4 juta warga Sulbar wajib mendapatkan informasi kebencanaan, bagaimana menyelamatkan diri secara mandiri,"tandasnya

Atas nama seluruh jajaran Pemprov Sulbar, Idris mengucapkan selamat hari lahir ke-2 tahun RAPI Daerah 34 Sulbar. 

"Semoga di usia ke-2 tahun ini semakin mengokohkan komitmen dan kolaborasi bersama dalam mewujudkan pembangunan dan pengembangan daerah yang lebih baik,"harapnya

Sementara, Ketua RAPI Daerah 34 Sulbar, Fadlan Saeni, di kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulbar atas dukungannya menfasilitasi pelaksanaan HUT RAPI Daerah 34 Sulbar Ke-2 Tahun.

Fadlan menyampaikan, saat ini jumlah anggota RAPI Daerah 34 Sulbar sebanyak 561 orang. 

"Per hari ini, jumlah anggota RAPI Daerah 34 Sulbar sudah mencapai 561 orang,"ungkapnya (mhy)

Read 265 times
(0 votes)