12 Des 2022

Pimpin Upacara Peringatan HBT Ke-72, Idris : Dinas Transmigrasi Harus Selalu Bangun Collaboration Action

 

Upacara Peringatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) Ke-72 tahun 2022 Tingkat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dilaksanakan di UPT. Sinyonyoi Kawasan Transmigrasi, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Senin 12 Desember 2022. Upacara dipimpin Sekprov Sulbar Muhammad Idris.

Peringatan HBT tahun ini, mengusung tema "Transmigrasi Mendukung Pencapaian SDGs Desa Untuk Indonesia Maju".  SDGs adalah singkatan dari The Sustainable Development Goals, yang artinya tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB).

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, pada kesempatan itu menekankan beberapa hal, pertama Dinas Transmigrasi provinsi maupun kabupaten harus selalu membangun collaboration action.

"Tidak bisa kita membina warga transmigrasi tanpa keterlibatan warga transmigrasi itu sendiri untuk memberikan titik-titik kritis yang harus kita penuhi. Dari aspek kebutuhannya, perencanaannya harus benar-benar diidentifikasi dan akhirnya Dinas Transmigrasi itu bisa bekerja memenuhi permasalahan mereka,"tandas Idris

Kedua, membagi peran yang baik terutama di Sulbar yang hampir semua kabupaten terdapat pemukiman trasmigrasinya. Untuk itu, Ia berharap perhatian antar semua daerah harus sama, meskipun unsur-unsur yang dipermasalahkan berbeda.

"Jadi bagaimana kawan-kawan di Dinas Transmigrasi lebih dekat dengan permasalahan transmigrasi, karena permasalahan yang sesungguhnya ada di lapangan,"tutur Idris

Ketiga, mengukur level kemajuan dari pemukiman transmigrasi. Indeks kemajuan di unit-unit pemukiman transmigrasi di Sulbar harus dibunyikan sesuai metode yang sudah ada.

Keempat, menyiapkan pemukiman transmigrasi untuk mensupport Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"IKN dekat sekali dengan Sulbar. Jadi tujuan kita memastikan bahwa Sulbar adalah daerah penyangga pangan terkuat di IKN. Dan transmigrasi adalah salah satu yang kita harapkan bisa mengambil kontribusi yang besar untuk memajukan pemajuan kesediaan pangan di Sulbar, apalagi mensupport IKN,"ujarnya

Idris berharap, pada Peringatan HBT Ke-72 tahun keberadaan pemukiman transmigrasi benar-benar dapat dilihat menjadi satu tempat yang bisa berkontribusi secara nasional, termasuk di dalamnya dapat menyelesaikan permasalahan di pemukiman itu sendiri.

Menanggapi tempat pelaksanaan Upacara HBT tahun ini, Idris mengaku bersyukur dan bangga sekaligus mengapresiasi atas perayaan HBT Ke-72 tahun Tingkat Provinsi Sulbar di tempatkan di UPT. Sinyonyoi Kawasan Transmigrasi, Kecamatan Kalukku.

"Ini satu tempat yang menurut pandangan saya paling layak untuk kita tempati upacara HBT, mengapa? karena memang kita harus dekat dengan warga transmigrasi. Untuk itu, apresiasi atas inovasi Peringatan HBT Ke-72 ini yang di tempatkan di UPT. Sinyonyoi,"ucapnya

"Semoga dari puncak Sinyonyoi ini, inspirasi, inovasi dan kreativitas, baik warga yang dipemukiman maupun para birokrat administrator dari Dinas Transmigrasi semakin menumbuhkan kemanfaatannya bagi kemajuan transmigrasi di Indonesia, khususnya di Sulbar,"sambungnya

Dia bahkan menyebutkan, tahun-tahun berikutnya pelaksanaan Peringatan HBT layaknya dilaksanakan di kawasan transmigrasi di seluruh Sulbar yang sudah ditetapkan, seperti halnya di UPT. Sinyonyoi tersebut. (mhy)

Read 454 times Last modified on Senin, 12 Desember 2022 20:39
(0 votes)