23 Agu 2021

Wagub Sulbar Ajak Mahasiswa Baru Unsulbar Untuk Berprestasi

 

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar menghadiri Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) dalam rangka pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unsulbar Tahun 2021 secara virtual ,  Senin 23 Agustus 2021.

Dalam PKKMB tersebut, diikuti kurang lebih 3.676 orang mahasiswa yang diterima dalam tiga jalur penerimaan mahasiswa baru Unsulbar, yaitu SNMPTN yang telah berhasil menjaring kurang lebih 914 orang, kemudian SBMPTN yang telah berhasil menjaring kurang lebih 1.500 orang dan jalur mandiri telah berhasil menjaring kurang lebih 1.270 orang.

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta PKKMB  yang telah berubah status dari siswa menjadi mahasiswa.

"Selamat kepada anak-anakku sekalian, jadilah mahasiswa yang tekun dan penuh semangat dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan dan kehidupan kampus, raih kesempatan untuk berprestasi dan wujudkan cita-cita menjadi kesuksesan,"ucap Enny

Kepada Civitas Akademika Unsulbar, atas nama pemerintah, Enny menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan profesionalismenya dalam membangun dan menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing unggul, serta berintegritas dan berakhlak mulia.

Dikemukakan, di era digital saat ini kita hampir 24 jam  tidak pernah lepas dari dunia maya. Olehnya itu  Ia menghimbau agar menggunakannya dengan bijak untuk mengambil peluang dan manfaat, serta menyingkirkan pengaruh negatifnya.

"Jangan pernah lelah untuk terus belajar dan terus menggali potensi diri menggabungkannya dengan semangat dan integritas yang baik, menanamkan sikap Malaqbi karena kita membutuhkan insan yang berakhlak mulia,"pungkas Enny

Enny juga mengatakan, saat ini kita masih berjuang bersama dalam mengatasi pandemi Covid-19. Untuk itu, Ia juga mengingatkan agar tidak  menjadikan pendemi sebagai hambatan untuk berprestasi, tetapi seorang mahasiswa harus mampu berpartisipasi penuh dengan menjadi contoh dengan menerapkan protokol kesehatan, menaati peraturan pemerintah dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Terus jaga semangat belajarnya, jangan lupa beribadah, jaga kesehatan dan mental. Yakinlah anda bisa menjadi manusia yang sukses dan bermanfaat untuk masyarakat Sulbar dan bangsa Indonesia,"tuturnya

Rektor Unsulbar, Akhsan Djalaluddin menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa baru Unsulbar dan berharap mereka akan belajar dengan giat demi menggapai cita-cita dan menjadi kebanggaan kedua orang tua, keluarga, bangsa dan negara.

 

"Selamat datang kepada anak-anakku semua di Unsulbar hari ini, anak-anakku telah resmi menyandang gelar mahasiswa di Unsulbar,"kata Akhsan

Akhsan mengungkapkan, materi-materi yang diberikan di dalam PKKMB tersebut meliputi, sejarah berdirinya Unsulbar, kebijakan kampus merdeka, program kreativitas mahasiswa, 4 (empat) Pilar yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian etika dan tatakrama termasuk di dalamnya masalah narkoba, anti korupsi dan radikalisme.

Melalui kesempatan itu, Akhsan juga menyampaikan mengenai beberapa upaya yang  dilakukan Unsulbar hingga saat ini, yakni terus melakukan pembenahan diantaranya terutama fasilitas pembelajaran dengan rampungnya pembangunan laboratorium terpadu, kemudian gedung pembelajaran yang disebut dengan gedung kembar. 

Saat ini juga, lanjut Akhsan, sedang terbangun Perpustakaan Unsulbar, sehingga pada tahun ini adalah tahun pertama Unsulbar menerima lebih dari 2.000 Mahasiswa.

"Jadi hampir 100 persen kenaikan penerimaan mahasiswa baru, karena fasilitas pembelajaran ruang kelas kita sebenarnya secara luring sudah cukup memadai untuk menerima, meskipun saat ini kita masih kemungkinan melakukan proses belajar secara daring,"ujar Akhsan

Terkait prestasi Unsulbar, Akhsan mengungkapkan, salah satu prestasi yang diperoleh Unsulbar yakni  mendapatkan akreditasi untuk program studi keperawatan dengan predikat baik sekali, kemudian pada program studi ners dan ilmu politik dengan predikat baik. 

"Tentunya di masa yang akan datang akan terus dilakukan upaya-upaya peningkatan akreditasi pada semua program studi di lingkungan Unsulbar,"ujarnya

Ia menambahkan, mulai tahun ini Unsulbar  menerima 6 (enam) orang mahasiswa dari Program Afirmasi yang disebut dengan Adik Afirmasi Pendidikan Tinggi dari Papua. 

PKKMB Unsulbar akan berlangsung selama 5 (lima) hari.  3 (tiga) hari pertama di tingkat Universitas dan 2 (dua) hari berikutnya di tingkat Fakultas dan Program Studi atau Jurusan. (ian)





Read 796 times
(0 votes)