13 Mar 2021

Hadiri Rapimpus FKPPI ke-III , Enny Harap Semua Elemen Bangsa Bersinergi dan Bersatu

 

Kominfo Sulbar -- Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar, yang juga Ketua FKPPI Sulbar mengikuti Pembukaan Rapat Pimpinan Pusat (Rapimpus) Ke-III Keluarga Besar FKPPI secara virtual dari Rujab Wagub Sulbar, Jumat, 12 Maret 2021.

Ketua FKPPI Sulbar, Enny Anggraeni Anwar mengatakan, FKPPI sebagai entitas bela negara dan agen perubahan tentu tidak boleh hanya berdiam diri. Dengan menguatkan paham kebangsaan yang telah menjadi sikap dasar FKPPI, baik sebagai sikap organisasi maupun sikap individu sebagai kader, integrasi nasional dapat selalu dipertahankan dan diperkuat.

Khusus untuk Sulbar, Enny menyatakan, setelah pelaksanaan Rapimpus FKPPI ke-III, FKPPI Sulbar akan segera bergerak mengadakan bela negara untuk semua anggota FKPPI yang ada di Sulbar, sesuai arahan Bambang Soesatyo sebagai Kepala Badan Bela Negara FKPPI.

"Dengan tema yang diusung, Enny, berharap semua elemen bangsa bersinergi dan bersatu, serta tetap semangat menjaga kebersamaan," ujar Enny

Rapimpus mengusung tema, konsolidasi organisasi untuk meningkatkan peran dan fungsi FKPPI melalui organisasi bela negara dalam memperkokoh ketahanan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, seiring laju perkembangan zaman, upaya bela negara semakin dihadapkan pada tantangan yang lebih kompleks, canggih dan rumit.

"Upaya bela negara tidak lagi hanya terfokus pada kekuatan fisik militer, karena ancaman terhadap kedaulatan negara hadir dalam beragam aspek, baik ekonomi, sosial budaya, politik ideologi, dan beragam ancaman lainnya yang bersifat softpower,"ucap Bamsoet

Selain itu, lanjut Bamsoet, termasuk juga menjaga kedaulatan pangan nasional dan mengkampanyekan gerakan ‘cinta produk dalam negeri’, menggalang aksi sosial kemanusiaan di masa pandemi Covid-19. Semua itu adalah bagian dari bela negara.

"Upaya bela negara, selain sebagai hak dan kewajiban dasar, juga harus dimaknai sebagai kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, semangat pengabdian, dan sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara,"tegas Bamsoet

Ia juga menerangkan, optimalisasi peran FKPPI dalam upaya bela negara dapat dilakukan secara kolaboratif melalui koordinasi dengan berbagai unsur antara lain, dengan Bintara Pembina Desa (BABINSA) TNI-AD, Bintara Pembina Potensi Kemaritiman (BABINPOTMAR) TNI-AL, Bintara Pembina Potensi Kedirgantaraan (BABINPOTDIRGA) TNI-AU serta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (BABINKAMTIBMAS) POLRI.

"Dengan dirumuskannya bela negara dalam konstitusi, maka menjadi kewajiban bagi kita untuk memastikan bahwa implementasi bela negara senantiasa ‘hidup dan bekerja’ secara nyata,"tandasnya. (deni)

 

 

 

 

 

Read 641 times
(0 votes)