24 Apr 2024

DLH Gelar Bimtek Pembinaan Proklim Se-Sulbar

 

Mamuju – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulawesi Barat (Sulbar) melalui Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKL) menggelar Bimtek Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) se- Sulbar di Hotel Grand Putra, Jl. Emmy Saelan No 69-140 Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Rabu, 24 April 2024.

 

Kegiatan dimulai Pukul 08.00 Wita – selesai. Acara dibuka Kepala DLH Sulbar Zulkifli Manggazali, didampingi Kabid PPKL Alexsander Bontong dan Plt. Kepala Seksi Wil. I Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sulawesi Sudarwanto, serta yang bertindak selaku moderator Syukria Alimuddin.

 

Dalam sambutannya, Kepala DLH Sulbar Zulkifli Manggazali mengatakan, tujuan Bimtek Pembinaan Proklim itu adalah agar peserta dapat memahami dan melaksanakan Aksi Adaptasi dan Mitigasi terhadap perubahan iklim melalui Proklim di wilayah masing-masing.

 

“Dan diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas bagi instansi dan lembaga terkait dalam melakukan kegiatan Proklim yang sangat penting peranannya dalam upaya Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim secara Global dan khususnya di Sulbar, guna mendukung pencapaian target nasional 20.000 kampung iklim pada tahun 2024 ini,” kata Zulkifli.

 

Menurut Zulkifli, bimtek itu sangat penting untuk dilakukan secara terus menerus mengingat kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pembinaan teknis kepada pemangku kepentingan di masing-masing kabupaten, yang mana nantinya pemerintah kabupaten yang akan melaksanakan pembinaan langsung ke desa/kelurahan di wilayahnya masing-masing terkait pelaksanaan kegiatan-kegiatan atau aksi-aksi mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.

 

Peserta Bimtek berasal DLH se-Sulbar beserta para pendamping Enumator Lingkungan masing-masing daerah dengan total undangan peserta sebanyak 35 orang. Diharapkan kepada seluruh peserta agar mampu membuat target pencapaian pelaksanaan Proklim mulai dari kategori Proklim Pratama, Madya dan Utama.

 

Adapun yang menjadi dasar dari pelaksanaan kegiatan Bimtek Pembinaan Proklim adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.84/MENLHK-SETJEN/KUM.1/11/2016 tanggal 3 November 2016 tentang Program Kampung Iklim, Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Perubaha Iklim Nomor : P.1/PPI/SET/KUM.1/2/2017 tanggal 24 Februari 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Kampung Iklim, Intruksi Gubernur Sulawesi Barat No. 1 tahun 2019 tentang Pembinaan dan Pendampingan Proklim dan Pergub Sulawesi Barat No. 30 Tahun 2021 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Marasa.

 

Narasumber dari DLH Sulbar yakni Kabid PPKL Alexsander Bontong dan Plt. Kepala Seksi Wil. I Balai PPI Wilayah Sulawesi Sudarwanto, menjelaskan tentang kebijakan-kebijakan terkait perubahan iklim di Kabupaten/Kota se-Sulbar dan target-target dalam perubahan iklim sampai dengan tahun 2030 disesuaikan dengan Perencanaan Strategi Daerah.

 

Sedangkan pada sesi terakhir dalam kegiatan Bimtek Pembinaan Proklim, Balai Pengendalian Perubahan Iklim (BPPI) Wilayah Sulawesi melakukan pendampingan mengenai tata cara pengisian Form Excel Proklim dan pengregistrasian lokasi proklim pada aplikasi Sistem Registri Nasional (SRN) Pengendalian Perubahan Iklim melalui www.ditjenppi.menlhk.go.id/srn.

 

Penulis : DLH Sulbar

Editor : humassulbar

Read 92 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments