23 Apr 2024

Biro Pemkesra Hadiri Rakor Kegiatan Pemerintahan dan Pembangunan antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten

 

Mamuju--Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Barat (Setda Sulbar) yang diwakili Analis Kebijakan Ahli Muda Muh. Dhany Sadry, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kegiatan Pemerintahan dan Pembangunan antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten di Aula Hotel Meganita Mamuju, Senin, 22 April 2024. 

 

Adapun peserta lainnya yang turut hadir, antara lain Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Sulbar Muhtar, Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian Kabupaten se-Sulbar, Ketua Lembaga P2KP Unhas Agus Salim, Bapperida Sulbar, Dinas PUPR Sulbar, Bappeda Kabupaten se-Sulbar, serta Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten se-Sulbar.

 

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Lembaga P2KP Unhas Agus Salim menyampaikan, Sulbar menempati posisi 23 dari 38 provinsi dalam hal daya saing. Untuk memperbaiki posisi ini, langkah-langkah konkret perlu diambil. Pertama, infrastruktur transportasi dan utilitas perlu dibangun dan diperbaiki agar mendukung konektivitas dan mobilitas yang lebih baik di wilayah tersebut. 

 

Kedua, peningkatan kemampuan finansial, baik melalui sektor perbankan maupun non-perbankan, diperlukan untuk memfasilitasi dan mendukung aktivitas perekonomian secara lebih luas.

 

Ketiga, peningkatan kemampuan dalam penguasaan IPTEK dan penerapannya dalam kegiatan ekonomi menjadi hal yang penting. 

 

“Dengan memanfaatkan teknologi dan pengetahuan yang tepat, aktivitas ekonomi bisa didorong menuju nilai tambah yang lebih tinggi,” pungkas Agus Salim.

 

Di tempat terpisah, Kepala Biro Pemkesra Setda Sulbar Arianto, menekankan pentingnya langkah-langkah tersebut dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan berdaya saing. 

 

“Olehnya itu, dengan kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi dan kabupaten, diharapkan Sulbar dapat terus maju dan berkembang ke arah yang lebih baik,” kata Arianto.

 

Penulis : Biro Pemkesra Setda Sulbar

Editor : humassulbar

Read 25 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments