20 Apr 2024

Dampingi Praktek Pelatihan, Darmawati Inginkan Penguatan Kompetensi Pelayanan Wisata

 

Mamuju-Setelah berlangsung selama tiga hari, kegiatan Pelatihan Pelayanan Transportasi Wisata yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat (Dispar Sulbar) sejak Rabu 17 April 2024 lalu di Hotel Aflah Mamuju, berakhir Jumat 19 April 2024. 

 

Bagian akhir kegiatan diisi dengan praktek pelayanan transportasi darat (roda empat) di lobi belakang Hotel Aflah Mamuju. Didampingi Akademisi Politekpar Makassar Farid Said, para peserta melakukan simulasi penjemputan turis atau wisatawan yang tiba di Bandara Tampa Padang.

 

Kadispar Sulbar, Darmawati Ansar, yang menyaksikan praktek pelayanan tersebut menilai pentingnya mendorong peningkatan kemampuan peserta dalam menciptakan hospitality bagi para tamu. Menurutnya, materi praktek yang dilakukan akan menjadi pengalaman bagi penguatan kompetensi peserta dalam memberikan palayanan di sektor transportasi wisata.

 

“Ini bagus agar para peserta punya pengalaman langsung dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan. Kita selalu upayakan agar semua stakeholder kepariwisataan memilki kompetensi yang baik. Itu bagian penting dari penciptaan hospitality di industri pariwisata,” kata Darmawati.

 

Tidak sekedar hadir di kegiatan, Kadispar Sulbar bahkan terlibat dengan berperan sebagai wisatawan yang dijemput di bandara. Ia berharap kegiatan dapat diikuti secara serius sehingga berdampak pada pengembangan sektor pariwisata di daerah ini. 

 

“Iya, saya diminta berperan sebagai tamu. Keterlibatan saya selaku kepala dinas mestinya berpengaruh pada keseriusan peserta mengikuti pelatihan. Hasilnya nanti dapat dirasakan para wisatawan yang datang di Sulbar, dan tentu saja berdampak pada pengembangan sektor pariwisata kita,” ujarnya.

 

Nampak selama pelaksanaan, Darmawati juga memberikan instruksi, masukan dan pertanyaan-pertanyaan teknis kepada peserta. Dia mengingatkan para peserta agar memanfaatkan kesempatan di pelatihan untuk terus belajar dan menambah pengalaman, serta berdiskusi sebanyak-banyaknya dengan narasumber. 

 

Selain itu, juga berharap para pengemudi alat transportasi memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan sesuai standar wisata. 

 

“Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar, berbagi pengalaman, berdiskusi dengan narasumber yang kita hadirkan. Saya berharap semua nantinya memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan sesuai keinginanan tamu atau wisatawan yang menjadi konsumen bapak,“ ucapnya.

 

Penulis : Dispar Sulbar

Editor : humssulbar

Read 40 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments