19 Apr 2024

Jelang Launching Satu Portal Data Sulbar, Tim Kerja paparkan Progres aplikasi SAPOTA dihadapan Pj Gubernur Sulbar

 

MAMUJU - Tim Satu Portal Data (SAPOTA) Provinsi Sulawesi Barat memaparkan progres aplikasi SAPOTA Sulbar yang telah diredesain kepada Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh di kantor Gubernur Sulbar, Jumat 19 April 2024. Presentasi awal ini dilakukan untuk mendapat masukan dan arahan dari Pj.Gubernur Sulbar sebelum dilaunching secara resmi yang rencananya akan dilaksanakan pada Senin, 29 April 2024

 

Kadis Kominfo Pers Sulbar Mustari Mula mengatakan, program Percepatan Satu Data Sulbar menuju Satu Data Indonesia merupakan salah satu program prioritas dari delapan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

 

".Program Percepatan Satu Data Sulbar menuju Satu Data Indonesia Ini telah dicanangkan oleh Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan bersama Sekdaprov Sulbar Muhammad Idris pada tahun 2023 lalu bersama dengan tujuh program.prioritas lainnya," kata Mustari.

 

Ia menambahkan untuk merealisasikan program ini maka pada bulan November 2023 telah di bentuk Tim Kerja Percepatan Satu Data Sulbar.

 

" Pembentukan Tim Kerja ini, difasilitasi oleh Sekda Prov Sulbar Muhammad Idris bersama Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana selaku Forum Satu Data Sulbar dan Tim Pembina Data Geo Spasial (Simpul Jaringan) dan Kadis Kominfo Perss Sulbar Mustari Mula selaku Wali Data Sulbar," tambahnya.

 

Sementara itu, Tim kerja ini terdiri Tim Aplikasi Telematika, Tim Statistik, Tim Keamanan Siber dan Tim Data Geospasial yang bekerja bersama sama untuk melakukan redesain Aplikasi Satu Portal Data (SAPOTA) Sulbar dan melakukan up dating data.

 

"Alhamdulillah, sejak dibentuk Tim Kerja Percepatan Satu Data Sulbar menuju Satu Data Indonesia, progres perkembangan aplikasi SAPOTA sudah mengalami kemajuan pesat misalnya dulu aplikasi SAPOTA belum terkoneksi ke Satu Data Indonesia dan tampilannya masih sangat statis (tabulan) kini sudah terkoneksi ke Satu Data Indonesia dan tampilannya sudah terstruktur dalam bentuk open data (seris)," ungkap Mustari.

 

Sebelumnya, lanjut Mustari SAPOTA belum memiliki Dashboard dan belum bisa menyajikan data Geospasial dan info grafis sekarang tampilannya lebih dinamis dengan mengintegrasikan aplikasi Tablue. 

 

"Aplikasi SAPOTA ini akan direplikasi oleh Wali Data di Lima Kabupaten dan diintegrasikan dengan Satu Kabupaten yang lebih dulu memiliki aplikasi Satu Data Sendiri yaitu Kabupaten Polman," ujarnya.

 

Selain itu, yang menggembirakan karena Aplikasi SAPOTA ini murni hasil karya para ASN Muda Provinsi Sulawesi Barat yang bertalenta kompetensi Teknologi Informasi.

 

Dalam Pemaparan Progres Aplikasi SAPOTA, selain dihari oleh Pj.Gubernur Sulbar Prof.Zudan juga dihadiri oleh Kadis Kominfo Perss Sulbar Mustari Mula,Kabid Statistik dan Persandian Kominfo Perss Abdul Aziz, Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bapperida Arjianto serta Tim Kerja Aplikasi SAPOTA Taufan Harry Prasetyo selaku koordinator sekaligus selaku presentator serta tim kerja lainnya.(rls)

Read 143 times Last modified on Jumat, 19 April 2024 19:50
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments