12 Apr 2024

Kepala DKP Sulbar, Suyuti Sebut Ekosistem Lamun Penting Untuk Mitigasi Perubahan Iklim

 

Mamuju -- Untuk menekan risiko bencana dan meningkatkan ketahanan kawasan pesisir terhadap bencana dan dampak perubahan iklim, Pj Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh mendorong agar sektor kelautan dan perikana terus meningkatkan perannya terhadap pelestarian ekosistem di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Menindaklanjuti arahan Pj. Gubernur Sulbar, Prof Zudan, Kadis Kelautan dan Perikanan Sulbar, Suyuti Marzuki menyampaikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat telah memulai aksi nyata, salah satunya dengan penetapan kawasan konservasi perairan Kepulauan Balabalakang, dimana salah satu target perlindungan adalah ekosistem lamun. 

“Selain menjaga ekosistem laut, padang lamun juga memiliki peranan penting dalam mencegah laju perubahan iklim yang sedang terjadi," kata Suyuti.

Lebih lanjut disebutkan, menurut data total cadangan karbon yang tersimpan pada ekosistem lamun di Indonesia mencapai 1.004 mega ton, dengan potensi penyerapan karbon sebesar 7,4 mega ton per tahun. Secara fisik lamun juga berfungsi untuk meredam gelombang dan ombak besar sehingga dapat mengurangi abrasi pantai. Hal itu menegaskan bahwa padang lamun sangat penting dalam mitigasi bencana dan dampak perubahan iklim.

Mengingat pentingnya padang lamun, DKP Provinsi Sulawesi Barat juga telah menjalin kemitraan dengan salah satu lembaga penelitian MPRG FIKP Universitas Hasanuddin yang melakukan proyek penelitian transplantasi lamun di Pulau Salissingan dan Gusung Duian, Kep. Balabalakang. Salah satu tujuan program ini adalah merestorasi padang lamun yang juga merupakan daerah mencari makan (feeding ground) dan daerah pembesaran (nursery ground) penyu untuk mendukung konservasi penyu di perairan Kepulauan Balabalakang Sulawesi Barat.

Suyuti menambahkan, dibalik konservasi lamun dan penyu, masyarakat terutama pembudidaya rumput laut juga dihadapkan pada masalah keberadaan penyu yang semakin banyak dan dianggap menjadi hama bagi pertumbuhan rumput laut. Oleh karena itu Dinas Kelautan dan Perikanan terus mencari solusi dan inovasi agar keseimbangan ekosistem laut dan keberlanjutan budidaya rumput laut bisa sejalan.

 

Penulis : DKP

Editor : humassulbar

Read 143 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments