02 Apr 2024

Pantau Posyandu dan Bundes, Kadis PMD Sulbar Kunjungi Sejumlah Desa di Kabupaten Mamasa

 

MAMASA -- Kepala Dinas PMD Provinsi Sulbar, Yakub F Solon melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mamasa, Sabtu , 30 Marerlt 2024 

 

Kunjungan tersebut dilakukan untuk mamantau keaktifan posyandu dan Bumdes di beberapa Desa seperti, Desa Rantetanga, Desa Sepang dan Desa Tanete Batu. 

 

Kepala Dinas PMD Sulbar, Yakub F Solon mengatakan, sejak dilantik beberapa bulan yang lalu, dirinya diberikan penugasan oleh Pj Gubernur Sulbar untuk mengaktifkan semua Posyandu dan Bumdes. 

 

" Sesuai arahan Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan untuk mengaktifkan semua Pasyandu sebagai salah satu upaya mencegah dan mengatasi stunting dan juga mendorong agar semua Desa memiliki Bumdes sebagai penopang perekonomian masyarakat,"kata Yakob F Solon.

 

Dikatakan, berdasarkan pantauan langsung yang dilakukan di beberapa desa di Kabupaten Mamasa, semuanya sudah memfungsikan Posyandu dengan baik. 

 

"Semua Posyandu yang ada di Kabupaten Mamasa sudah aktif dan berfungsi dengan baik, saya komunikasi dengan PMD Mamasa dan juga saya turun langsung ke sejumlah desa dan syukur semuanya pasyandu di Kabupaten Mamasa sudah berfungsi," ungkap Yakub. 

 

Hanya saja, kata dia, dibutuhkan motivasi dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan peran dan fungsi Posyandu serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para kader Pasyandu. 

 

"Masyarakat harus selalu diedukasi agar memahami pentingnya memanfaatkan Posyandu, ini tugas kita semua khususnya PMD dan pemerintah desa setempat," kata Yakub. 

 

Khusus Bumdes, mantan Kepala BPSDM Sulbar itu mengatakan, di beberpa desa yang Ia kunjungi sudah membentuk pengurus Bumdes. Hanya saja, ada bumdes yang sudah berjalan dan ada juga yang macet. 

 

"Ada Bumdes yang sudah berjalan dan telah menyumbang PAD tetapi sebagian sudah macet. Kita sedang mengkaji apa kendala bumdes sehingga belum bisa berjalan dengan baik. Intinya, Kami akan berupaya semaksimal mungkin melakkukan pendampingan agar kedepannya semua Bumdes bisa berjalan dengan baik, " pungkasnya.

 

Penulis : Dinas PMD

Editor : humassulbar

Read 86 times Last modified on Selasa, 02 April 2024 10:20
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments