26 Mar 2024

Coach Dewi Manis, Dinas Pariwisata Dorong Desa Wisata Sulbar Daftar di Jadesta dan ADWI 2024

 

Mamuju -- Dorong Desa Wisata Maju, Dispar Bekali SDM Pengelola Desa Wisata se Sulbar

 

MAMUJU - Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulawesi Barat melalui Bidang Destinasi melaksanakan Coaching Desa Wisata Maju dan Istimewa di Grand Maleo Hotel, Jl Yos Sudarso Mamuju.

 

Kepala Bidang Destinasi Imelda Adhyanty mengatakan, Coaching Desa Wisata Maju dan Istimewa atau Coach Dewi Manis bertema "Dewi yang Dirindukan" berlangsung selama dua hari, Senin - Selasa 25-26 Maret 2024.

 

"Kegiatan ini diikuti 30-an peserta perwakilan dari enam kabupaten di Sulbar," kata Imelda kepada media di Mamuju, Selasa (26/3/2023).

 

Dari 30 peserta, masing-masing 5 per kabupaten dengan rincian 4 dari desa wisata dan 1 admin kabupaten.

 

Imelda menurutkan, Coaching Desa Wisata Maju dan Istimewa hadirkan sejumlah narasumber luar biasa, mulai pengelola desa wisata di Jogyakarta hingga di Sulsel.

 

Sekprov Sulbar Muhammad Idris turut hadir menyampaikan materi pada kegiatan tersebut.

 

Muhammad Idris mengatakan, membangun desa wisata perlu dengan komitmen, pengetahuan, kolaboratif, tanggap dan lincah.

 

"Menang di Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI penting tapi bukan tujuan. Intinya adalah bagaimana maksimal dalam pengelolaan wisata di setiap desa," imbuh Sekprov Sulbar.

 

Sementara itu, Kadis Pariwisata Daerah Sulbar Darmawati Ansar mengatakan, Coach Dewi Manis ini diharapkan dapat memotivasi dan menggalang desa wisata Sulbar untuk mendaftar di Jadesta dan ADWI 2024.

 

Darmawati menambahkan, pengembangan desa wisata adalah salah satu program prioritas Dinas Pariwisata Sulbar.

 

"Salah satu model pembangunan pariwisata yang mengkolaborasikan fungsi pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku adalah pengembangan desa wisata, melalui kegiatan ini kita tingkatkan SDM pengelola wista di kabupaten," ujar Darmawati.(rls)

Read 106 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments