11 Mar 2024

Hadiri Forum PD Sektor Perkebunan Se-Sulbar 2024, Herdin Ismail Sampaikan Arah Pembangunan Perkebunan Sulbar 2025

 

Mamuju--Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Herdin Ismail menyampaikan arah pembangunan perkebunan Sulbar tahun 2025, pada Forum Perangkat Daerah (PD) Tahun 2024 Sektor Perkebunan se-Sulbar di Grand Maleo Hotel & Convention Mamuju, Jum’at (08/03/2024).

 

Kepala Dinas Perkebunan Sulbar, Herdin Ismail mengatakan, arah pembangunan perkebunan Sulbar tahun 2025, difokuskan pada peningkatan produksi komoditas utama, seperti kakao, kopi, kelapa dan sawit melalui kegiatan perbenihan dan pengendalian hama penyakit.

 

Selain peningkatan produksi, lanjutnya, hal lain yang juga perlu menjadi perhatian adalah pertama, fenomena dampak perubahan iklim, yang jika tidak diantisipasi dengan baik, dapat merugikan kerugian ekonomis khususnya bagi para petani. Kedua, perkebunan berkelanjutan khsusnya pada komoditas sawit dan kakao. 

 

"Pada tahun 2025, seluruh pekebun sawit sudah wajib untuk memiliki sertifikat ISPO (Indonesian Suistainabilty Palm Oil). Selain itu, saat ini dari Kementerian sedang dicanangkan program terkait STDB Kakao, yang kemungkinan besar kedepannya juga akan diarahkan pada sertifikasi kakao berkelanjutan," kata Herdin.

 

Kemudian, ketiga peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Petani, khususnya mengenai teknik budidaya berkelanjutan.

 

Lebih lanjut, Herdin juga mengatakan, sebagai upaya untuk mewujudkan pembangunan perkebunan berkelanjutan, terdapat beberapa isu strategis yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan dalam penyusunan rencana kerja di tahun 2025, yaitu pertama sinkronisasi antara target pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Kedua, management hilirisasi komoditas perkebunan yang diharapkan mampu meningkatkan nilai ekspor. 

 

Ketiga, program mandiri benih yang diharapkan mampu menjamin ketersediaan benih di tingkat petani. Keempat, meningkatnya harga komoditas khususnya kakao, dapat dijadikan peluang untuk menumbuhkan kembali minat msayarakat dalam melakukan budidaya kakao.

 

"Dalam upaya untuk mencapai tujuan ini bukanlah hal yang mudah, banyak kendala yang harus kita hadapi. Namun, dengan program dan kegiatan yang dirumuskan dengan baik, maka hal tersebut bukanlah menjadi hal yang mustahil. Saya berharap bahwa pembangunan perkebunan yang selama ini kita cita-citakan “kembalinya kejayaan perkebunan di Sulbar” dapat dimulai hari ini (Jum’at 08 Maret red.) melalui Forum Perangkat Daerah yang kita laksanakan ini," imbuhnya. 

 

Diketahui Forum PD Tahun 2024 Sektor Perkebunan se-Sulbar ini akan berlangsung hingga Minggu 10 Maret 2024. (rls)

Read 113 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments