29 Feb 2024

Pemprov Sulbar Pastikan Inovasi yang Diciptakan Sesuai Nilai-Nilai Pancasila

 

MAMUJU--Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana memastikan inovasi – inovasi yang diciptakan Pemprov Sulbar sesuai nilai – nilai Pancasila.

 

“Tentunya dengan adanya arahan Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang meminta inovasi daerah harus sesuai nilai – nilai pancasila, kita pastikan semua inovasi – inovasi di lingkup Sulbar ini telah sesuai nilai – nilai Pancasila,” kata Junda, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29/2/2024).

 

Disampaikan, dalam evaluasi kinerja Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh di Kemendagri pada 20 Februari lalu, Pemprov Sulbar pun telah melaporkan inovasi – inovasi yang telah dibuat hingga saat ini. 

 

"Beberapa diantaranya juga mendapat apresiasi dari Kemendagri, seperti inovasi dalam penanganan inflasi dan gerakan toilet bersih,” ujarnya.

 

Junda mengungkapkan, pihaknya telah menyusun konsep Tim Inovasi Daerah Sulbar yang melibatkan seluruh pimpinan perangkat daerah lingkup Sulbar. Harapannya, setiap pimpinan unit kerja dapat mendorong inovasi di lingkungan kerjanya, sesuai arahan Pj. Gubernur Sulbar untuk terus berinovasi, terutama dalam pelayanan publik.

 

“Sebagai tindak lanjut dari arahan Pj. Gubernur Sulbar, yang menunjuk Bapperida Sulbar sebagai leading sector dalam pelaksanaan Innovative Government Award (IGA), kami telah mengajukan Draft SK tentang Tim Inovasi Daerah kepada Bapak Pj. Gubernur Sulbar,” ungkapnya. 

 

“SK tersebut melibatkan seluruh OPD lingkup Sulbar, agar masing – masing kepala OPD mendorong jajarannya untuk terus berinovasi dalam melayani masyarakat," sambungnya.

 

Sebelumnya, dalam rapat bersama Pj. Gubernur Sulbar beberapa waktu lalu, Kepala Bapperida Sulbar telah menyampaikan rencana aksi yang akan dilaksanakan untuk percepatan keikutsertaan dalam IGA, yaitu :

1. Inventarisasi dan penjaringan seluruh inovasi yang ada di Sulbar terutama pada program 1 Eselon 3 – 1 inovasi yang saat ini berjalan.

2. Membentuk tim untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap inovasi yang dilakukan oleh OPD lingkup Sulbar.

3. Meningkatkan koordinasi, sosialisasi secara intensif bagi OPD terkait dan memacu komitmen OPD dalam membudayakan inovasi dalam organisasi.

4. Melakukan coaching clinic pendampingan, sosialisasi, pembinaan dan pengawalan terhadap OPD yang melakukan inovasi agar memenuhi kriteria penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID). (rls)

Read 66 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments