11 Mar 2019

Tim Teknis Kominfo Sulbar Jadwalkan Kunjungan Ke OPD

*Pelatihan Aplikasi SIMAYA

Pasca ditetapkannya Peraturan Presiden RI Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem Pemerintahan berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Sulawesi Barat dalam hal ini Dinas Kominfo,persandian dan Statistik Sulbar terus melakukan penguatan pengembangan SPBE. Hal itu ditempuh dengan semakin mewujudkan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik maupun pelayanan kepemerintahan. Sasarannya, peningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan melalui digitalisasi.

Kepala Bidang Layanan E-Goverment Kominfo Persandian dan Statistik Sulbar, Muh Ridwan Djafar menuturkan, untuk tahun ini langkah digitalisasi dimulai dengan mengembangkan aplikasi SIMAYA ( Sistem Aplikasi Perkantoran Maya) dan direncanakan akan efektif diterapkan mulai April 2019. Koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kominfo RI telah dilakukan. Dari koordinasi itu diketahui bahwa aplikasi SIMAYA saat ini tengah dalam pengembangan menuju versi 6. " Saat ini sudah dilakukan sosialisasi di Bogor. Insya Allah, Pemprov Sulbar juga akan menerapkan aplikasi versi terbaru (baca : 6) ini" kata Muh. Ridwan Djafar.


Bintek SIMAYA lingkup Pemprov Sulbar juga telah digelar Februari lalu. Pesertanya terdiri dari seluruh OPD, dikususkan bagi yang kelak akan menjadi admin SIMAYA dan staf TU masing masing OPD. Sebagai tindak lanjut, Kominfo Persandian dan Statistik membentuk tim kerja yang akan melakukan pelatihan singkat kepada 41 OPD. Pelatihan digelar di kantor masing masing OPD pada jam kerja. Diperuntukkan kepada pimpinan OPD yakni eselon II, III dan IV dan satu orang staf setiap seksi atau subbag. Dijadwalkan, Tim ini bekerja kurang dari dua pekan.

Tim Teknis terbagi menjadi dua. TIM I : Wahyudi Iswar, Taufan Prasetyo, Faisal, Abidin dan Hafriansyah. Sementara TIM II : Muh. Fachrul Rahrurraziq, Ahmad Syaifuddin, Madhur, Omar Qasash dan Agusran. Selain menggelar pelatihan, Tim Teknis Kominfo Sulbar juga akan melakukan pengukuran kesiapan (Assasment) SPBE. Baik dalam hal perangkat jaringan, aplikasi, SDM dan instrumen pendukung lainnya.


Lebih lanjut, Muh Ridwan mengatakan, penyelenggaraan SPBE juga menjadi salah satu prioritas pembangunan di Sulbar. Hal itu sejalan dengan misi Pemprov Dalam RPJMD 2017-2022. Yakni, Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Modern, dan Terpercaya. Dalam rangka pewujudan misi ini, maka setelah penerapan SIMAYA telah efektif, beberapa pengembangan aplikasi lainnya juga akan mulai direncanakan. Seperti SKP Online maupun SPPD online. " Kami akan fokus dulu di SIMAYA. Untuk dua aplikasi lainnya masih dalam proses. Kami berharap cepat atau lambat kedua aplikasi ini dapat diterapkan di Pemprov Sulbar pada tahun ini" sebut Muh. Ridwan. (Tim Web Pemprov)

Read 109 times Last modified on Senin, 11 Maret 2019 15:23
(0 votes)