21 Mar 2019

Tim Layanan E-Government Beri Pelatihan Pejabat Lingkup Sulbar

Dinas Kominfo Sulbar Persandian dan Statistik Sulbar yang terbentuk dalam tim I yang diketuai Topan H Prasetyo dan tim II Madhur mengunjungi setiap OPD lingkup Pemerintah Provinsi Sulbar untuk memberikan  pelatihan penggunaan aplikasi siMaya atau sistem admnistrasi perkantoran maya, permintaan data untuk pemanfaatan website OPD sebagai tindaklanjut Perpres nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kunjungan tersebut dimulai pada tanggal 18 Maret 2019 sampai tanggal 29 Maret 2019. Dalam kunjungan tersebut Topan menjelaskan kepada setiap pejabat eselon II,III dan IV tentang pentingnya aplikasi SiMaya yang merupakan petunjuk langsung dari pimpinan Sekprov Sulbar Dr. Idris, serta menjelaskan tentang penggunan aplikasi tersebut.

Sedangkan menurut Kabid layanan E Government Ridwan Djafar, menjelaskan optimalisasi penyelenggaraan  SPBE pada pemerintah Sulawesi Barat, ada beberapa agenda pelatihan,  diantaranya pengelolaan website Pemprov Sulbar sebagai media resmi layanan infomasi pemerintah kepada masyarakat, Assesment kondisi IT disetiap OPD dan pelatihan penggunaan aplikasi siMaya bagi pejabat eselon tingkatan. "selain keinginan pimpinan, juga merujuk pada UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,Peraturan Presiden RI Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) serta optimalisasi penyelenggaraan SPBE pada pemerintah Sulbar melalui website Pemprov Sulbar sebagai media resmi layanan informasi pemerintah kepada masyarakat,ujar Ridwan.

Masih kata Ridwan, alasan penggunaan aplikasi siMaya, melihat kondisi surat-surat pemerintah yang masih kurang terarsip dengan baik,terkadang terlambat didistribusikan,respon lambat, relatif kurang aman dapat terjadi kobocoran,biaya operasional persuratan pemerintah boros,masih mempertahakankan cara konvensional kantor berinternet, keengganan birokrat untuk berubah dan peran TIK dalam birograsi masih menjadi tools, bukan enabler. Sehingga dengan adanya penggunaan aplikasi siMaya diharapkan, dapat menekan biaya,menjamin keamanan informasi,menjamin integrasi eOffice.

Ditambahkan pula bahwa Ada berbagai fitur yang disediakan,  surat eletronik produksi surat dan disposisi,distrubusi dan pengarsipan dapat lebih mudah. Selain itu, surat sampai tujuan dalam hitungan detik, biaya murah,diamankan oleh digital signature dan end to end encription,mudah digunakan,dapat digunakan dengan getget apapun,dapat digunakan dimana saja dan kapan saja serta fleksibel thd struktur apapun.

Dengan turunnya Tim Dari bidang Layanan E Goverment tentunya dapat membangun kerjasama dan komunikasi yang baik agar terciptanya kelancaran informasi disetiap OPD untuk pejabat disetiap tingkatan. "setiap OPD diharapkan agar bisa menyediakan sarana tempat untuk pelatihan dan pejabat yang siap mengikuti pelatihan. Usai pelatihan, nantinya dilanjutkan dengan pemberian pelatihan kepada para staf di setiap OPD untuk diajarkan mengelola dan mengisi website dimasing-masing OPD yang telah dibuatkan oleh Dinas Kominfo Sulbar dengan menugaskan dua personil khusus mengelola werbsite OPD untuk aktivasi website OPD tersebut.           

 

      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Read 88 times Last modified on Rabu, 27 Maret 2019 11:58
(0 votes)