16 Apr 2024

Terus Galakkan Program Toilet Bersih, Prof Zudan Arif Fakrulloh: Filosofinya Sangat Mendalam

 

MAMUJU- Pemprov Sulbar terus menggalakan program toilet bersih dilingkup OPD, layanan publik, dan sekolah.

 

Prof Zudan juga menyampaikan, 

 meskipun diluar penanganan 4+1, tapi program toilet bersih ini sangat penting.

 

"Ada pendekatan spesifik, ada pendekatan langsung dan akan memberikan dampak kepada masyarakat lewat toilet bersih ini artinya menjaga kebersihan," kata Prof Zudan, Selasa 16 April 2024.

 

Ia menambahkan mengambil filosofi yang terus dilakukan mulai kebersihan fisik, kebersihan rohani dan kebersihan jiwa.

Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, terkait filosofi toilet bersih, beberapa diantaranya disebutkan dalam hadits hr muslim:328 , kebersihan sebagian dari iman. Selain itu, Thoharah atau bersuci, dan banyak kitab atau buku yang memberikan porsi thaharoh, misalnya ihya ulumuddin, kitab Shalatul Mu'min dan kitab thoharah.

 

"Sehari kita bisa hitung berapa kali masuk toilet, saya sendiri lima kali masuk toilet berbagai aktivitas bahkan biasa berwudu dan ini kita harus bersih sebelum menghadap sama Allah SWT, makanya pentingnya toilet bersih ini," ungkap Prof Zudan.

 

Sehingga, kebersihan itu membumikan keimanan setiap manusia dan ini paling penting dalam setiap beraktivitas.

 

"Jadi filosofi program toilet bersih itu sangat mendalam untuk menjaga kita tetap bersih. Dalam implementasinya silahkan memperhatikan toilet tempatnya bekerja," ujarnya.

 

Seperti, pelayanan publik di Bandara, Terminal, Pelabuhan, Masjid bahkan gereja jika toiletnya tidak bersih pasti akan mengganggu aktivitas.

 

"Contohnya di terminal toiletnya kecil tapi bersih, kalau kita sering keluar daerah sering dilihat toiletnya besar dan bersih seperti di Masjid Istiqlal banyak lagi. Ini penting bagi kita menggalakan program toilet bersih," tegasnya.

 

Selain itu, ini semua tergantung pada diri masing-masing untuk senantiasa membiasakan membumikan keimanan dengan terus menjaga kebersihan.

 

"Jadi mari kita galakkan dan kalau ini bisa kita wujudkan Sulbar sangat luar bersih. Silahkan mendalami program toilet bersih ini," tandasnya.(rls)

Read 87 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments