01 Apr 2024

Jelang Idul Fitri, DTPHP Sulbar Berikan Tips Cara Pilih Daging yang Sehat dan Segar

 

MAMUJU - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, persiapan makanan menjadi hal yang sangat penting bagi masyarakat. Salah satu bahan pokok yang sering dibutuhkan adalah daging, baik itu daging sapi atau ayam. Namun memilih daging yang segar, berkualitas dan sehat bagi kesehatan menjadi tantangan tersendiri bagi konsumen.

Untuk itu, Pemprov Sulbar melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Sulbar memberikan edukasi dengan memberi tips bagaimana dalam melakukan pemilihan daging yang segar dan sehat.

 

 Koordinator kegiatan Kesehatan Hewan DTPHP drh. Novi mengatakan, memberikan beberapa tips buat masyarakat yang hendak membeli daging sapi atau daging ayam. 

 

“Untuk daging sapi yaitu dengan memilih daging yang memiliki warna yang merah cerah dan tekstur yang lembut, bau tidak menyengat atau amis, lemak pada daging sapi berwarna putih dan elastis," tutur drh. Novi.

 

Lebih lanjut Ia mengatakan, untuk daging ayam yaitu pilih daging ayam yang memiliki warna daging yang cerah dan merata, hindari daging ayam yang memiliki bercak kebiruan atau kehijauan, hindari daging yang terlihat kering atau terasa lengket, serta pilih daging yang memiliki aroma segar dan alami.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nur Kadar menambahkan bahwa masyarakat harus memastikan daging yang dibeli adalah daging yang berkualitas dan bebas dari resiko membahayakan kesehatan, seperti berbelanja di tempat yang memiliki reputasi yang baik dan telah terbukti menjual daging yang berkualitas, serta memperhatikan kebersihan dan kondisi penyimpanan.

 

Kadis DTPHP Sulbar Syamsul Ma’rif juga. mengatakan dalam memilih daging yang sehat dan berkualitas adalah langkah pertama yang penting untuk menjamin hidangan yang sehat dan memberikan nutrisi yang baik bagi keluarga. Oleh karenanya sangat penting bagi kita semua untuk tahu membedakan daging yang layak dan yang tidak layak untuk dikonsumsi.

 

“Di tengah persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri diharapkan masyarakat untuk memilih daging yang sehat dan berkualitas untuk hidangan istimewa bersama keluarga tercinta. Daging yang dipilih dengan cermat bukan hanya memberikan kenikmatan saat disantap, tetapi juga memberikan yang terbaik untuk kesehatan dan kesejahteraan Masyarakat” ujar Syamsul Ma’rif.

 

Penulis : DPTHP

Editor : humassulbar

Read 126 times
(1 Vote)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments