27 Feb 2024

Tim Dinas Koperindag Sulbar Sambangi Pasar di Enam Kabupaten, Dua Pasar Jadi Toilet Terbersih

 

MAMUJU--Sebagai upaya meningkatkan kenyamanan dan kesehatan masyarakat, Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Barat (Koperindag Sulbar) menggelar Aksi Toilet Bersih di Pasar-Pasar di Sulbar.

 

Pada aksi yang dilaksanakan sejak 12 Februari 2024 hingga saat ini, Dinas Koperindag Sulbar telah menyambangi 12 pasar yang tersebar di enam kabupaten di Sulbar.

 

Tim Dinas Koperindag Sulbar tidak hanya mengecek kebersihan toilet, tetapi juga memberikan bantuan berupa peralatan kebersihan toilet kepada pengelola pasar. Bahkan, tim tersebut turut serta membersihkan toilet pasar yang kotor dan tidak terawat.

 

“Kami ingin mengajak masyarakat, khususnya pedagang dan pengunjung pasar, untuk bersama-sama menjaga kebersihan toilet pasar. Toilet pasar adalah fasilitas publik yang harus kita rawat bersama. Jangan sampai toilet pasar menjadi sarang penyakit dan sumber bau tidak sedap,” kata Muhammad Najib Ali, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperindag Sulbar, Senin (26/2/2024).

 

Muhammad Najib menekankan, aksi toilet bersih merupakan tanggung jawab bersama seluruh bidang dan UPTD di Dinas Koperindag Sulbar. 

 

“Setiap kami ada kegiatan di kabupaten, kami selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke pasar dan mengecek kebersihan toilet. Ini juga sesuai dengan arahan kadis kami,” tutur Muhammad Najib.

 

Aksi toilet bersih ini sejalan dengan arahan Pj. Gubernur Sulbar, Prof Zudan yang membentuk Satgas Toilet Bersih pada apel pagi dan doa bersama, Senin (12/2/2024). Untuk itu, Kepala Dinas Koperindag Sulbar, Bau Akram Dai mengajak Dinas Perdagangan kabupaten untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan toilet pasar.

 

"Kami telah mengintervensi 12 toilet di enam kabupaten di Sulbar. Kami melakukan pengecekan, pembersihan, dan penyerahan peralatan kebersihan toilet di sela-sela kegiatan atau kunjungan kami ke kabupaten-kabupaten,” ujar Bau Akram Dai, Kepala Dinas Koperindag Sulbar. 

 

Bau Akram berharap, aksi toilet bersih itu dapat meningkatkan sinergi antara Dinas Koperindag Sulbar dengan Dinas Perdagangan kabupaten dalam menjaga kebersihan toilet pasar. 

 

"Dengan demikian, masyarakat dapat merasakan manfaat dari toilet pasar yang bersih dan sehat," tutupnya. 

Diketahui, penilaian toilet bersih sudah dilaksanakan dua kali, pertama pada 19 Februari 2024, toilet terbersih adalah Toilet Pasar Rakyat Kecamatan Martajaya, Kabupaten Pasangkayu. Kedua pada 26 Februari 2024, toilet terbersih adalah Toilet Pasar Rakyat Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene. Penilaian dilakukan tiap pekan. (rls)

Read 96 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments