27 Apr 2021

Gubernur Sulbar Hadiri Peringatan Hari Otoda ke-25

 

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXV yang digelar secara virtual , Senin, 26 April 2021 di Aula Kantor Balitbangren Polman. Peringatan Hari Otoda ke XXV diikuti oleh seluruh kepala daerah baik provinsi, kabupaten/kota, DPRD, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)

Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengusung tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju”.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka secara resmi gelaran peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25. Ma'ruf Amin mengatakan, dalam menjalankan otonomi daerah, agar berkualitas dibutuhkan kepemimpinan yang adaptif.

"Penyelenggaraan otonomi daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Ma'ruf.

Masih kata Ma' ruf Amin, otonomi daerah juga meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah untuk mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

" Dengan adanya Otoda, Kepala Daerah diharapkan mampu berinovasi untuk menaikkan pendapatan asli daerah (PAD) tanpa membebani rakyat, dan cukup babyaky daerah yang telah berhasil melakukan hal itu," sebut Ma'ruf.

Menteri Dalam Negeri , Tito Karnavian mengatakan, keberagaman yang dibalut dalam bingkai otonomi daerah, menjadi modal besar untuk menciptakan Indonesia yang lebih maju dan lebih sejahtera.

Pada gelaran tersebut, Mendagri juga berkesempatan meresmikan tiga sistem aplikasi layanan yang dibangun Kemendagri. Sistem aplikasi tersebut di antaranya Sistem Informasi Mutasi Daerah (Simudah), Sistem Elektronik Peraturan Daerah (e-Perda), dan Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Si-LPPD).

Menemani Gubernur Sulbar pada peringatan Hari Otoda ke-25 tahun hadir antara lain Sekprov Muhammad Idris, unsur forkopimda, Kepala Biro Tapemkesra, Mochammad Saleh Rahim, Kepala Kebangpol, Herdin Ismail, Tenaga Ahli Gubernur Sulbar, M Danial dan Andi Ilman Palalloi.

 (Ayu)

 

Read 600 times
(0 votes)
  1. Popular
  2. Recent
  3. Comments