30 Apr 2024

Dua Desa di Mateng Diterjang Tanah Longsor, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar Minta Pusdalops Terus Pantau dan Koordinasi dengan Pusdatin Mateng

 

Mateng--Hujan yang mengguyur Bumi Lalla Tassisara, Mamuju Tengah (Mateng) nyaris seharian Senin (29/04/2024) kemarin, mengakibatkan dua desa diterjang tanah longsor.

 

Dari pusat data dan informasi BPBD Mateng, terlaporkan kedua desa yang diterjang longsor masing-masing Desa Tabolang di Dusun Kalando, dan Desa Kambunong di Dusun Antalili.

 

Masih dari Pusdatin BPBD Mateng , dalam kejadian longsor ini, tidak ada korban jiwa, hanya saja memutus Jalur Trans Sulawesi di Antalili dan jalur antar dusun di Kalando, sehingga membuat aktivitas pengguna ruas jalan tersebut terganggu.

 

Berdasarkan informasi ini, Plt. Kalaksa BPBD Sulbar Muhammad Yasir Fatta memberikan arahan kepada Pusdalops BPBD Sulbar untuk terus memantau dan berkoordinasi dengan Pusdatin BPBD Mateng terkait perkembangan di dua desa tersebut.

 

“Dengan adanya informasi ini, saya meminta kepada masyarakat kiranya tetap waspada, karena curah hujan cukup tinggi, sehingga potensi bencana banjir dan tanah longsor bisa terjadi,” kata Muhammad Yasir Fatta, Selasa 30 April 2024.

 

Koordinator Pusdatin BPBD Mateng, Resky Ilhamsyah menyampaikan, longsor terjadi pada Selasa (30/04/2024) hari ini, dan upaya membersihkan material longsoran yang mengganggu aktivitas jalur warga sementara dilaksanakan.

 

“Longsor ini dipicu oleh hujan deras yang mengguyur Mateng sehari sebelumnya (Senin 29 April red.),” ungkap Resky Ilhamsyah.

 

Resky menyatakan, pihaknya mengingatkan warga untuk kiranya tetap waspada, mengingat curah hujan mulai naik, sebagaimana pesan dari Kelaksa BPBD Mateng. 

 

“Bila melihat tanda-tanda banjir ataupun bencana longsor, kiranya segera melaporkan ke relawan BPBD Mateng,” imbaunya.

 

Penulis : BPBD Sulbar

Editor : humassulbar

Read 146 times
(0 votes)